Smart Generation Community Jadi Wadah Berbagi Keahlian, Terapkan Tridharma Perguruan Tinggi

Sebuah perkumpulan mahasiswa dibutuhkan untuk upgrading diri ke pribadi yang lebih baik.

Smart Generation Community Jadi Wadah Berbagi Keahlian, Terapkan Tridharma Perguruan Tinggi
Tribun-Medan / HO
Potret satu kegiatan Smart Generation Community (SGC) Universitas Sumatera Utara (USU) dalam kegiatan Seminar Beasiswa beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda Rizka S Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebuah perkumpulan mahasiswa dibutuhkan untuk upgrading diri ke pribadi yang lebih baik. 

Keberadaan komunitas di sebuah dunia perkuliahan tentunya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang ingjn berkembang. 

Seperti halnya Smart Generation Community (SGC) di Universitas Sumatera Utara (USU).

Didirikan pada tahun 2008, komunitas sebagai wadah membentuk generasi cerdas ini memiliki visi mencerdasakan orang saleh/salihah dan mensalehkan/mensalihahkan orang cerdas.

"SGC adalah komunitas muslim bagi pembentukan karakter yang produktif, prestatif dan kontributif berdamapak luas kepada masyarakat," ungkap Presiden SGC Hadi Prabowo kepada Tribun, Rabu (6/2/2019).

Mahasiswa berprestasi Fakultas Pertanian ini mengatakan, anggota SGC adalah mahasiswa yang termotivasi untuk bisa berprestasi.

"Kita ini wadah untuk mereka dari berbagai keahlian dan passion. Jika ia suka menulis, maka akan dibimbing dengan kita datangkan orang-orang yang berkompeten. Kita berikan motivasi dan materi penulisan. Kita juga ada pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan essay yang memberdayakan civitas akademika di USU, tambahnya.

Untuk menambah gairah keislaman, mereka mendatangkan ustaz dan para dosen. Bisa dikatakan, SGC adalah dakwah bagi di bidang keilmuan.

"Satu hal yang ditekankan, kita menjadi muslim harus bangga. Kita boleh berprestasi, akademisnya bagus, agamanya juga bagus. Kita selalu Evaluasi indek prestasi kumulatif anggota. Setiap ujian tengah semester dan ujian semester, kita belajar bersama," tambah laki-laki yang akrab disapa Bowo ini.

Halaman
12
Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved