Lihat Kondisi Pengungsi, Kepala BNPB Dikabarkan Akan Kunjungi Kabupaten Karo

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, dikabarkan dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Karo

Lihat Kondisi Pengungsi, Kepala BNPB Dikabarkan Akan Kunjungi Kabupaten Karo
dok. Humas kodam III/Siliwangi
Letjen TNI Doni Monardo 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo, dikabarkan dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Karo

Seperti diketahui, Kabupaten Karo hingga kini menjadi salah satu daerah yang masih diperhatikan oleh BNPB, karena bencana erupsi Gunung Sinabung.

Saat dikonfirmasi ke Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Martin Sitepu, dirinya membenarkan informasi tersebut. 

Martin menyebutkan, kemungkinan orang nomor satu di BNPB itu akan berkunjung pada Selasa (12/2/2019) mendatang.

"Iya semalam siang pak Dody Ruswandi dari Sestama BNPB ada telepon ke saya, katanya pak kepala BNPB mau berkunjung ke sini. Tapi memang belum ada kepastian agendanya, karena masih pemberitahuan secara lisan," ujar Martin, saat ditemui usai rapat, di Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Jumat (8/2/2019) sore.

Martin mengungkapkan kedatangan pria yang dilantik pada 9 Januari lalu itu, utamanya untuk melihat penanganan dan kondisi Gunung Sinabung. Meskipun belum ada pemberitahuan secara tertulis, namun Martin menyebutkan pihaknya mulai melakukan persiapan.

"Karena masih lisan, kita belum tau jadwal bapak kepala nantinya seperti apa, makanya tadi kita sudah menggelar rapat awal untuk persiapan, dengan mengajak beberapa OPD dan juga TNI dan Polri sebagai tim dari Satgas," katanya.

Dirinya mengungkapkan, salah satu yang nantinya menjadi perhatian adalah masalah penanganan para korban yang terkena erupsi. 

Baik yang berada di pengungsian seperti Huntara dan Huntap, maupun yang masih mengontrak karena masih menunggu relokasi tahap tiga.

Dikatakannya, untuk permasalahan sewa rumah dan lahan bagi pengungsi merupakan proses penanganan pasca erupsi. Untuk itu, terkait permasalahan tersebut dirinya menyebutkan telah mendapatkan titik terang langsung dari pihak BNPB.

"Terkait sewa rumah dan lahan yang masih terkendala, hari ini kemungkinan sudah ada titik terangnya. Setelah kembali kita sampaikan ke BNPB, sepertinya sudah disetujui dan selesai sebelum kunjungan ke sini. Tinggal pengiriman dari pusat, dan nanti langsung kita sebar ke masyarakat," ungkapnya.

Martin melanjutkan, pihaknya menyambut baik dengan rencana kedatangan pria yang berlatar belakang militer itu. Dirinya menyebutkan, meskipun bencana Gunung Sinabung sudah hampir setahun berlalu, hingga kini memang masih diperhatikan. Terlebih, selama tahun 2018 kemarin banyak bencana yang melanda daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

"Tentunya kita merasa gembira, karena mengingat banyaknya bencana kemarin, kita masih diingat, karena memang masih banyak permasalahan kita di sini. Selain itu, memang beliau sudah menempatkan satu orang kolonel yang ditugaskan khusus untuk menangani Sinabung," pungkasnya. (cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved