FORKI Sumut Berupaya Batalkan Pembatasan Umur Atlet pada PON 2020

Ya memang waktunya sedikit kalau menunggu Porprov lagi, tapi harus dipada-padain lah habis gimana lagi.

FORKI Sumut Berupaya Batalkan Pembatasan Umur Atlet pada PON 2020
Tribun Medan/ Victory Arrival Hutauruk
Kabid Binaan Prestasi FORKI Sumut Delphinus Rumahorbo (kanan) bersama atlet Program Sumut Emas (PSE). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - FORKI Sumut akan mencoba untuk membatalkan peraturan pembatasan umur yang dicanangkan pada PON 2020 Papua pada Rakernas 2019.

Rakernas Forki dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Februari 2019 di Jakarta mendatang.

Hal ini disampaikan Kabid Binaan Prestasi FORKI Sumut Delphinus Rumahorbo kepada Tribun, Minggu (10/2/2019) di Medan.

Baginya pembatasan umur tersebut terbilang mendadak karena baru diputuskan pada akhir tahun 2018.

"Nah itulah yang mau dibahas di Kongres. Kemarin itu ada batas 27 sama 30. Kita mau bahas itu di Kongres nanti supaya itu tidak direalisasikan. Karena semua mendadak-mendadak. Memang waktu Rakernas yang lalu diomongkan, tapi kan kita sudah ada porkot, porwil dan Porprovsu dan mereka sudah ikut kan begitu," kata Delphinus.

Ia menyebutkan pembatasan umur tersebut menjadi kerugian bagi Sumut karena para karateka potensi Sumut ada kisaran umur tersebut.

"Kita juga punya atlet yg berpotensi dan usianya di atas 27. Artinya peluang kita kalau di atas 27, masih ada. Seperti Srunita dan Iwan bila ini terealisasi maka dipastikan nantinya dia tidak bisa ikut bertanding di PON. Padahal dia ini salah satu lumbung emas kita," terangnya.

Pada Pra PON yang berlangsung di Kejurnas Kupang di September ia menyebutkan akan mengandalkan para karateka binaan PSE untuk bisa menembus PON.

"Yang pertama kita masih bertumpu pada atlet PSE yang lalu kan masih ada beberapa karateka lagi yang bisa memperkuat tim utama. Tinggal dari yang baru-baru ada juga yang kita harapkan itulah yang diseleksi dari Porprovsu," bebernya.

Para atlet PSE ini adalah mereka yang berhasil meraih medali pada gelaran PON 2016 Jabar lalu. Seperti dijelaskan bahwa Sumut berhasil mempersembahkan 2 emas Sumut saat ini.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved