Bank Sumut Raih Predikat The Best dalam Rating BUMD Keuangan Versi Majalah Infobank 2019

Majalah perbankan terkemuka di Indonesia yaitu Infobank memberikan apresiasi prestisius kepada Bank Sumut.

Bank Sumut Raih Predikat The Best dalam Rating BUMD Keuangan Versi Majalah Infobank 2019
TRIBUN MEDAN/AYU
Infobank memberikan apresiasi prestisius kepada Bank Sumut sebagai satu-satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang beraset Rp 25 triliun sampai dengan di bawah Rp 50 triliun dengan meraih predikat The Best dalam rating BUMD keuangan Versi Infobank 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majalah perbankan terkemuka di Indonesia yaitu Infobank memberikan apresiasi prestisius kepada Bank Sumut.

Apresiasi tersebut diberikan Bank Sumut sebagai satu-satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang beraset Rp 25 triliun sampai dengan di bawah Rp 50 triliun dengan meraih predikat The Best dalam rating BUMD keuangan Versi Infobank 2019

“Penilaian tersebut berdasarkan atas kinerja keuangan Triwulan tiga atau per September Tahun 2018,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar.

Ia menjelaskan, Majalah Infobank menilai Bank Sumut telah mampu menjalankan fungsi intermediasi dengan baik yang tercermin dari penyaluran kredit per September 2018 sebesar Rp 21,2 triliun atau tumbuh 6,21 persen secara YoY. 

“Non Performing Loan (NOL) Bank Sumut per September 2018 juga turun menjadi 4,59 persen dibanding posisi yang sama pada 2017 sebesar 5.05 persen,” jelasnya.

Ia menerangkan, Biro Riset Infobank (BirI) melaporkan bahwa raport Bank Sumut dinilai positif karena mampu mencatatkan kinerja yang sangat baik di tengah seretnya likuiditas perbankan dan perekonomian yang stagnan. 

“Penilaian terhadap BPD dilakukan dengan mengelompokkan berdasarkan modal inti,” terangnya.  

Ia menuturkan, Khusus pada penilaian Tahun 2019 ini Biro Riset Infobank juga menggunakan indikator rasio kredit UMKM terhadap total kredit dan rasio tabungan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK).

“Untuk menilai pemeringkatan Infobank juga menilai berdasarkan rasio keuangan dari lima komponen utama antara lain permodalan, kualitas asset, rentabilitas, likuiditas dan efisiensi,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, dari sisi penghimpunan DPK, Bank Sumut mencatatkan perolehan DPK per September 2018 sebesar Rp.24,89 triliun, sebanyak Rp.17,92 triliun atau 71,99 persennya merupakan komposisi dana murah. 

“Komposisi dana murah yang semakin meningkat diyakini juga menunjukkan pertumbuhan minat masyarakat untuk menabung di Bank Sumut, karena itu kedepan Bank Sumut akan terus meningkatkan pelayanan dan value produk dan jasanya agar semakin mendapat tempat di hati masyarakat Sumatera Utara (Sumut),” ungkapnya.

Ia mengatakan, Manajemen PT Bank Sumut juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh stakeholder Bank Sumut, khususnya juga kepada para pemangku kepentingan serta karyawan Bank Sumut

“Apresiasi kinerja keuangan ini merupakan hasil kerja seluruh karyawan Bank Sumut, dan dan Bank Sumut akan terus mendorong peningkatan kinerja yang baik kedepannya,” katanya.(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved