Blusukan di Tobasa, Sihar Sitorus Tantang Penenun Ciptakan Kain Bermotif Wajahnya

Selain membeli produk-produk hasil usaha kreatif, hal yang dilakukan Sihar Sitorus adalah turut mempromosikan hasil-hasil kerajinan tersebut.

Blusukan di Tobasa, Sihar Sitorus Tantang Penenun Ciptakan Kain Bermotif Wajahnya
Tribun Medan
Sihar Sitorus saat mengunjungi tenun ulos di Kabupaten Tobasa, Sabtu (9/1/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com-Calon Legislatif DPR RI dari Partai PDI Perjuangan, Sihar P. H. Sitorus berkeinginan untuk memajukan usaha ekonomi kreatif di setiap daerah Sumatera Utara, terutama Daerah Pemilihan Sumut Dua.

Untuk itu setiap kali melakukan kunjungan sosialisasi (blusukan), Sihar Sitorus selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi usaha ekonomi kreatif milik masyarakat, seperti yang dia lakukan di Desa Sigaol, Kecamatan Uluan, Toba Samosir,  Sabtu (9/1/2019).

Dalam kunjungan ini, Sihar Sitorus mengunjungi usaha tenun kain khas Batak.

Selain membeli produk-produk hasil usaha kreatif, hal yang dilakukan Sihar Sitorus adalah turut mempromosikan hasil-hasil kerajinan tersebut.

Sihar Sitorus juga dalam kunjungan selalu mengajak para pengerajin berdiskusi soal kesulitan yang mereka alami untuk pengembangan hasil usaha kreatif yang mereka hasilkan.

Sihar Sitorus menerima ulos dari Warga Humbahas sebagai tanda pemberangkatannya menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan
Sihar Sitorus menerima ulos dari Warga Humbahas sebagai tanda pemberangkatannya menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan (Tribun Medan)

Baca: Penyidik KPK Dianiaya, Kuasa Hukum Pemprov Papua Tunjukkan Foto Korban dan Sebut KPK Gagal OTT

Baca: Kapolrestabes Berikan Beasiswa Sebesar Rp 100 Juta untuk Pendidikan Putra Putri Polisi Berprestasi

Bahkan beberapa kali, Sihar Sitorus turut mencoba melakukan produksi produk usaha kreatif di tempat usaha masyarakat, seperti mencoba menenun dengan alat tenun bersama para penenun. 

"Yang seperti ini sangat cocok dikembangkan, hasilnya bagus-bagus, bisa jadi ciri khas daerah sini juga," ujar Sihar kepada para penenun di Desa Sigaol.

Sihar juga menantang para penenun untuk membuat kain dengan motif wajah dirinya. "Saya mau pesen satu, tapi gambar wajah saya," ujar Sihar.

Setelah berembuk para penenun sepakat untuk menyanggupi permintaan Sihar.

Mereka mengaku sangat menyukai sosok Sihar yang ramah dan mau turun langsung ke lapangan melihat kondisi mereka.

Halaman
12
Penulis: Royandi Hutasoit
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved