Ini Penjelasan Rudi Sianturi soal Tahanan Rutan Tanjunggusta Terlibat Kelola Narkotika di Luar Sel

Proses pemeriksaan terhadap Zainal Abidin oleh pihak BNN masih sebatas koordinasi via telepon.

Ini Penjelasan Rudi Sianturi soal Tahanan Rutan Tanjunggusta Terlibat Kelola Narkotika di Luar Sel
tribun medan/BNN
BNN saat tangkap dua pengemudi truk di pelabuhan Banten, yang membawa 11 Kg sabu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Rutan (Karutan) Klas IA Tanjunggusta Rudi Sianturi mengaku bahwa seorang tahanan mereka kini sedang dibutuhkan keterangannya oleh pihak Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hal tersebut lantaran tahanan bernama Zainal Abidin dikatakan BNN mengelola jaringan narkotika yang akhirnya digagalkan BNN.

"Oh iya, ada tahanan di Rutan bernama Zainal Abidin. Saat ini dia masih di Rutan dan rencananya BNN akan melakukan pemeriksaan terhadap dia," ujar Rudi Sianturi.

Rudi melanjutkan proses pemeriksaan terhadap Zainal Abidin oleh pihak BNN masih sebatas koordinasi via telepon. Ia mengaku pihak BNN belum menjeput Zainal Abidin dari dalam tahanan.

"Oh belum ya, masih sebatas koordinasi saja. Mungkin ke depan, dia baru dipanggil untuk jalani pemeriksaan," sambungnya.

Masih kata Rudi, Zainal Abidin saat ini masih berstatus tahanan dan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Medan. Untuk itu, ia mengaku proses pemeriksaan tersebut murni wewenang BNN.

"Dia ini masih tahanan. Masih bersidang pun. Saya gak tau seperti apa dia mengelola narkotika di luar. Saya serahkan lah semuanya ke BNN," ucapnya.

Atas peristiwa ini, Karutan Rudi Sianturi mengaku telah jauh-jauh hari melakukan pengawasan terhadap alat telekomunikasi di dalam lingkungan Rutan. Bahkan sebutnya, pegawai rutan sendiri tidak dibolehkan menggunakan handphone di dalam Rutan.

"Kita sudah berupaya menegakkan peraturan menteri dalam pengawasan. Nasihat-nasihat sudah juga kita kasih tahu. Pegawai kita pun sudah gak boleh bawa masuk hp ke Rutan. Semuanya harus dititip ke loker. Makanya sudah berbeda sekarang," terangnya.

"Adapun yang boleh melakukan komunikasi di dalam Rutan, itu petugas yang memang memiliki jabatan penting. Seperti yang masih berkoordinasi dengan jaksa. Makanya soal ini bagaimana dia mengelola, kita tunggu dari BNN," katanya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved