KPU, Disdukcapil, Bawaslu, dan Kanwil Kemenkumham Bahas Hak Pilih Warga Binaan

Densi mengungkapkan, rapat tersebut membahas pemilih yang masih belum terdaftar di DPT.

KPU, Disdukcapil, Bawaslu, dan Kanwil Kemenkumham Bahas Hak Pilih Warga Binaan
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Suasana Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Khusus Tahap II dan Daftar Pemilih Tambahan Pemilu 2019. KPU Sumut bersama Disdukcapil, Kanwil Kemenkumham dan Bawaslu membahas hak pilih warga binaan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Herdensi Adnin mengatakan pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan Disdukcapil se-Sumatera Utara, Kanwil Kemenkumham, dan pihak Lapas serta Rutan juga Bawaslu.

Densi mengungkapkan, rapat tersebut membahas pemilih yang masih belum terdaftar di DPT. Menurutnya sebagian besar warga binaan yang berada di Lembaga Permasyarakat dan Rumah Tahanan banyak yang belum memiliki dokumen kependudukan.

"Ada 10 ribu yang sudah sudah teridentifikasi NIK dan KK nya dan ini akan terus dikejar oleh pihak Kemenkumham dan Disdukcapil," ujarnya, Selasa (12//2/2019).

Ia memaparkan dari jumlah 33 ribu warga binaan yang mendekam di Lapas dan Rutan, baru 8 ribu yang melakukan perekaman e-KTP.

"Nah bila dijumlah berarti ada sekitar 18 ribu yang sudah dan sesang melakukan perekaman," katanya.

Dikatakannya dari 33 ribu warga binaan tersebut, nantinya, KPU akan melakukan klasifikasi, terkait pemilih yang berkategori pindah memilih maupun yang belum terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Angka-angka ini nantinya akan dibawa ke Bawaslu. Bila nanti ternyata jumlahnya signifikan, maka atas rekomendasi Bawaslu dilakukan perubahan atas DPT," ungkapnya.

Tak sampai di situ, Densi menjelaskan pihaknya juga akan melakukan rekapitukasi komperehensif tahap pertama mengenai DPTb dan DPK.

"Semuanya sesuai PKPU dan Juknis akan dilaksanakan 18 Februari," tambahnya.

Dikatakannya, semua pihak yang bertanggungjawab akan saling bahu membahu agar proses pemilu berjalan sebagaimana mestinya.

Halaman
123
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved