Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Asal Tapanuli Utara Tunggu Keputusan Dokter

Sejak dirawat di RSUP H Adam Malik (HAM) Medan sejak 27 November 2018 lalu, bayi kembar siam laki-laki asal Desa Manalu Purba

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Asal Tapanuli Utara Tunggu Keputusan Dokter
Tribun Medan / Dohu Lase
Bayi kembar siam dempet perut asal Kabupaten Tapanuli Utara berbaring di atas ranjang ruang rawat Perinatologi, RSUP HAM Medan, Selasa (12/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Sejak dirawat di RSUP H Adam Malik (HAM) Medan sejak 27 November 2018 lalu, bayi kembar siam laki-laki asal Desa Manalu Purba, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, bertumbuh sehat.

Saat awal masuk, berat badan keduanya 4,7 kg. Setelah hampir tiga bulan dirawat, berat mereka kini 11,5 kg.

Kembar siam kelahiran 22 November 2018 ini adalah pasien rujukan asal RSUD Sibolga. Keduanya saat ini dirawat di ruang Perinatologi.

"Mereka belum dioperasi (pemisahan), karena belum cukup usia menurut dokter. Rencananya saat mereka sudah berumur enam bulan. Walau begitu, kembali ke keputusan dokter. Dokter yang tentukan kapan mereka layak untuk dioperasi," ujar Rosa, Selasa (12/2/2019).

Rosa menuturkan, bayi kembar siam ini adalah anak ketiga dan keempat dari pasangan Juliadi (29) dan Nurida Sihombing (28). Hingga kini, kedua bayi belum diberi nama oleh ayah mereka.

Berdasarkan pemeriksaan dokter, kembar siam ini hanya menyatu di bagian perut.

"Mereka punya organ tubuh masing-masing, dan kondisinya baik. Hanya di bagian perut saja mereka menyatu," kata Rosa.

Lebih lanjut, Rosa menyebut Juliadi dan Nurida adalah keluarga kurang mampu. Untuk biaya perawatan anak mereka, sebagian ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan bayi mereka sehari-hari, seperti popok dan lain-lain, Juliadi dan Nurida mendapat bantuan dari rumah sakit dan donasi para tenaga medis dan staf di RSUP HAM.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved