Banyak Miliki Karyawan dari Luar Daerah, KPUD Dairi Surati Sejumlah Perusahaan

Demi menekan angka golput pada Pemilu 2019, KPUD Dairi membuat sejumlah terobosan

Banyak Miliki Karyawan dari Luar Daerah, KPUD Dairi Surati Sejumlah Perusahaan
KPUD Dairi
KPUD Dairi saat melakukan sosialisasi mengenai Pendidikan Pemilu 2019 ke kantor Bank Sumut Cabang Sidikalang pada Rabu (13/2/2019) lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Demi menekan angka golput pada Pemilu 2019, KPUD Dairi membuat sejumlah terobosan diantaranya dengan menyurati sejumlah perusahaan yang para karyawannya diketahui banyak berasal dari luar Kabupaten Dairi.

Komisioner KPUD Dairi, Veryanto Sitohang mengatakan langkah itu diambil untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang berdomisili ataupun berkegiatan di Kabupaten Dairi untuk dapat menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS).

"Seminggu yang lalu kami sudah surati tiga perusahaan yaitu Bank Sumut, BRI dan PT Wahana yang kami deteksi karyawannya banyak yang berasal dari luar Dairi," kata Veryanto, Kamis (14/2/2019).

Setelah mendapat respon, selanjutnya KPUD Dairi melakukan sosialisasi mengenai Pendidikan Pemilu 2019 soal surat suara dan daftar pemilih.

Ketika melakukan sosialisasi ke Bank Sumut Cabang Sidikalang pada Rabu (13/2/2019) diketahui sebagian besar karyawannya justru berasal luar Kabupaten Dairi.

"Disana kami banyak bicara tentang DPTb dan setelah dicek, ternyata pegawai Bank Sumut yang bukan warga Dairi ada sekitar 50 persen lebih, ada yang dari Medan, Langkat dan sebagainya," ungkap Very.

Sehingga agar tetap dapat memilih di Pemilu 17 April 2019 mendatang, bagi karyawan Bank Sumut yang sudah terdaftar di DPT bisa mengajukan permohonan pindah memilih (A-5).

KPUD Dairi pun memberikan penjelasan tentang mekanisme dan syarat untuk dapat mengurus formulir pindah memilih (A-5) kepada karyawan Bank Sumut.

"Kami jelaskan agar tetap bisa memilih di Pemilu nanti, maka karyawan yang berasal dari luar daerah harus mengurus pindah memilih dengan datang ke KPU Dairi membawa fotocopy e-KTP dan KK. Adapun" sebutnya.

Selanjutnya para calon pemilih dapat menggunakan hak suaranya di TPS yang berada di sekitar rumah kos atau tempat tinggal sementara masing-masing karyawan tersebut.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved