Dispora Gelar Penataran 10 Cabor, Persiapan Pelatih Berlisensi Nasional PON 2020

Dispora Sumut akan menggelar penataran pelatih untuk 10 cabor yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional

Dispora Gelar Penataran 10 Cabor, Persiapan Pelatih Berlisensi Nasional PON 2020
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Sekretaris Dispora Sumut, Rudi Rinaldi mengungkapkan akan melaksanakan pelatihan pelatih di 10 cabor persiapan menuju PON 2020 di Kantor Dispora Sumut, Jl. Williem Iskandar, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dispora Sumut akan menggelar penataran pelatih untuk 10 cabor yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

10 cabor tersebut yaitu gulat, tinju, karate, taekwondo, wushu, futsal, tarung derajat, atletik. Serta dua cabor untuk atlet disabilitas (NPC) yaitu tenis meja dan atletik.

Sekretaris Dispora Sumut, Rudi Rinaldi penataran pelatih sangat penting untuk mendapatkan pelatih berkualitas yang mampu mendidik atlet berprestasi di PON 2020 maupun 2024.

"Selain penataran 10 cabor ini kita juga akan adakan 5 event kejuaraan di tahun ini. Kita tahu selain mempersiapkan infrastruktur, juga kebutuhan akan prestasi sangat penting terutama untuk PON Papua di 2020 ini dan tuan rumah di 2024," terangnya kepada Tribun, Kamis (14/2/2019) di Kantornya Jl. William Iskandar, Medan.

Ia menegaskan gol dari penataran ini seluruh peserta pelatih dari kabupaten/kota memiliki sertifikat level nasional supaya tidak tertinggal dari provinsi-provinsi di Jawa.

"Khusus penataran semua peserta berasal dari kabupaten dan kota. Jadi semua daerah di kabupaten dan kota Sumut punya pelatih yang bersertifikasi sehingga jika kita punya pelatih yang bersertifikasi. Otomatis pengembangan olahraga semakin maju dan bagus. Pengprov kita panggil karena agar bisa koordinasi dengan pengurus besar cabor," pungkas Rudi.

Sementara, Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Sumut, Joshua Sinurat menjelaskan waktu pelaksanaan penataran akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk pelaksanaan secara umum kita mulai dari cabang olahraga tinju di bulan April dan akan berakhir di bulan September secara berjenjang. Jadi nanti kesepuluh cabor ini waktunya berbeda-beda" terangnya.

Ia menambahkan pihaknya telah meminta cabor yang terlibat pada kegiatan tersebut untuk berkoordinasi dengan Pengurus Besar (PB) cabor dan KONI Sumut.

"Harapan kita agar pengprov cabor bekerja sama dengan PB dan pengprov. dimana latihan pelatih dipersiapkan menuju PON 2024 dimana Sumut sebagai tuan rumah. Makanya peningkatan SDM pelatih harus ditingkatkan," kata Joshua.

Selain penataran pelatih, Dispora juga melaksanakan kejuaraan untuk lima cabor, pencak silat, petanque, gulat, biliar, dan panahan.

Kejuaraan dilaksanakan untuk mencari bibit atlet potensial untuk dibina dan selanjutnya menjadi andalan Sumut pada PON 2024.

"Kalo event ini merupakan salah upaya mencari bibit atlet potensial menuju PON 2024. Artinya mana yang potensi kita push untuk dibina berkelanjutan. Sasaran pendeknya menuju PON 2020, maka kejuaraan ini selain ajang evaluasi hasil latihan atlet di masing - masing cabor, sekaligus menambah jam terbang atlet," tutup Joshua.

(cr10/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved