Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia

Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia

Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia
dok
Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia . Pembukaan lahan perkebunan dengan membabat hutan 

Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia 

TRIBUN-MEDAN.COM - Di tengah hiruk pikuk politik jelang Pilpres 2019, Indonesia berhasil mencatatkan prestasi menggembirakan dalam penanganan pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan atau REDD (reduced emissions from deforestation and forest degradation).

Indonesia berhasil mendapatkan dana 20 juta Dolar AS dari Norwegia sesuai kesepakatan yang diteken pada 2010.

Pada Tahun 2010 Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Norwegia tentang moratorium kehutanan.

Dalam kesepakatan tersebut Norwegia bersedia memberikan kompensasi dana hingga sebesar satu miliar dolar AS untuk penyelamatan hutan dan lahan gambut di Indonesia.

Moratorium yang pada awalnya berlaku selama dua tahun tersebut sudah beberapa kali diperpanjang sebagai bentuk upaya Indonesia dalam memerangi perubahan iklim.

Kesepakatan bilateral antara Indonesia dan Norwegia ini adalah tindak lanjut perundingan iklim terkait usaha pengurangan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global akibat kerusakan hutan.

Dana sebesar satu miliar Dolar AS dari Norwegia selanjutnya dimanfaatkan untuk sistem pengawasan hutan dan proyek percontohan di bawah naungan skema PBB untuk perubahan iklim, yang disebut REDD (reduced emissions from deforestation and forest degradation) atau pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.

Skema REDD ini memungkinkan negara-negara berkembang untuk memperoleh uang, dengan syarat mereka tidak diperbolehkan merusak hutan dan harus menjaga lahan gambut.

Hal ini karena hutan dan lahan gambut merupakan elemen yang sangat penting untuk memperlambat pemanasan global.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan RI Siti Nurbaya dengan Menteri Urusan Iklim dan Lingkungan Norwegia Ola Elvestuen, Siti Nurbaya, Sabtu (16/2/2019) di Jakarta.
Berhasil Tekan Kerusakan Lahan Gambut, Indonesia Dapat 20 Juta Dolar dari Norwegia. Menteri Kehutanan dan Lingkungan RI Siti Nurbaya dengan Menteri Urusan Iklim dan Lingkungan Norwegia Ola Elvestuen, Siti Nurbaya, Sabtu (16/2/2019) di Jakarta. (kementerian lingkungan hidup)
Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved