KPU Karo Tetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Karo untuk Pemilu 2019 Sebanyak 284.312 Jiwa

Kita tetapkan pemilih untuk Pemilu 2019 ini sebanyak 284.312 orang. Karena jumlah DPTHP-2 sebanyak 281.176, ditambah 3136 dari DPK

KPU Karo Tetapkan Daftar Pemilih  Tetap (DPT) Kabupaten Karo untuk Pemilu 2019 Sebanyak 284.312 Jiwa
Medan/Muhammad Nasrul
Komisioner KPUD Karo divisi perencanaan data dan informasi Rikardo Sitepu, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Selasa (19/2/2019). Dirinya menyebutkan, setelah dilakukan rekapitulasi DPTHP-2 dan DPK, ditetapkan pemilih untuk Pemilu 2019 sebanyak 284.312 jiwa.  

TRIBUN-MEDAN.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 sebanyak 248.312 jiwa.

Komisioner KPUD Karo divisi perencanaan data dan informasi Rikardo Sitepu, menyebutkan data tersebut didapat setelah adanya penambahan terhadap DPTHP-2 dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Menurut data sebelumnya, DPTHP tahap dua kemarin KPUD Karo telah menetap DPT sebanyak 281.176 jiwa. Kemudian, setelah dilakukan pendataan terdapat masyarakat yang belum masuk ke dalam DPT, tercatat ada penambahan pemilih sebanyak 3136 jiwa.

"Pada rekapitulasi DPTHP-2 dan DPK kemarin, kita tetapkan pemilih untuk Pemilu 2019 ini sebanyak 284.312 orang. Karena jumlah DPTHP-2 sebanyak 281.176, ditambah 3136 dari DPK. Dengan perubahan ini, kita tidak melakukan penambahan TPS," ujar Rikardo, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Selasa (19/2/2019).

Rikardo mengungkapkan, pada rekapitulasi kemarin pihaknya sekaligus melakukan perbaikan pada data yang ada di DPTHP-2. Ternyata, setelah dilakukan pencermatan masih ditemui pemilih ganda dan tidak memenuhi syarat (TMS).

Pencuri Sepeda Motor Ojek Online Tertangkap Tangan saat Beraksi, Babak Belur Dihakimi Warga

Resmi Kembaran Xpander, All New Nissan Livina Meluncur, Fitur Berlimpah, Cek Harga dan Foto-fotonya

Soal Jalan Desa, Yunarto Ungkap Kalimat Monohok Pada Dahnil: Kali Ini Keterlaluan Loh Bodohnya

BPODT Berencana Sulap Parapat Monkey Forest jadi Atraksi Wisata Berkelas

Dikatakannya, untuk pemilih ganda terdapat sebanyak 266 orang, sedangkan untuk pemilih yang tidak memenuhi syarat tercatat sebanyak 783 jiwa.

Namun, dirinya mengaku data terhadap pemilih ganda dan tidak memenuhi syarat itu tidak dihapus. Melainkan hanya diberi penanda saja.

Dikatakannya, tindakan tersebut sesuai dengan mekanismenya memang penanganan pada keduanya hanya dilakukan penandaan.

Orangtua di Sragen Beri Nama Bayinya Joko Widodo Maruf, Ada Kado Spesial dari Orang Tak Dikenal

Malam Ini Purnama Perige Super Snow Moon, Bulan Lebih Besar dan Sangat Cerah

Artis Arumi Bachsin Alami Keguguran, Begini Kondisi Terkini Istri Wakil Gubernur Jatim Itu

"Terhadap yang ganda dan TMS di DPTHP-2 memang hanya ditandai saja, tapi nanti pada hari pemilihan formulir C6 sebagai undangan memilih tidak diberikan kepada pemilih. Jadi kalau misalnya dua datanya, satu C6 yang ditahan, dan nanti kita bikin berita acaranya," katanya.

Dirinya menyebutkan, perbaikan DPT sangat perlu dilakukan, untuk menjaga hak pilih dan kecukupan surat suara. Dikatakannya, pada proses perbaikan DPT kemarin, pihaknya sudah mendapatkan persetujuan dan rekomendasi dari Bawaslu Karo.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved