Penetapan Daftar Pemilih Tambahan, DPT Kota Siantar Menurun

Berdasarkan hasil pleno, KPU Kota Pematangsiantar mendata ada 54 pemilih masuk ke Kota Pematangsiantar.

Penetapan Daftar Pemilih Tambahan, DPT Kota Siantar Menurun
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Komisioner KPU Bidang Data Jaffar Saragih saat ditemui di kantornya, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar telah selesai melakukan rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).

Berdasarkan hasil pleno, KPU Kota Pematangsiantar mendata ada 54 pemilih masuk ke Kota Pematangsiantar. Dari 54 pemilih tersebut dengan rincian 27 laki-laki dan 27 perempuan yang tersebar di delapan kecamatan atau 29 tempat pemungutan suara (TPS).

Sedangkan untuk masyarakat yang mengurus surat pindah memilih dari Kota Pematangsiantar ada 139 orang.

KPU Kota Siantar telah menetapkan DPT tahap pertama yakni 179.014. jumlah ini menurun dari angka sebelumnya yakni 179.099.

Komisioner KPU Bidang Data Jaffar Saragih menjelaskan syarat untuk dapat memilih harus mengurus formulir A5. Untuk mendapatkan formulir ini pun, pemilih harus terdata di daftar pemilih tetap (DPT).

"Pemilih yang pindah memilih agar bisa memilih di tempat lain harus mengurus A5. Sedangkan untuk mengurus A5 harus terdaftar di DPT asal,"ujarnya.

Jafar juga mengatakan bagi DPT yang pindah kabupaten/kota hanya dapat memilih legislatif DPRD Sumut, DPR RI, dan DPD jika daerah pemilih (Dapil) sama dengan daerah asal pemilih. Sementara untuk pindah provinsi, pemilih hanya dapat memilih presiden dan wakil.

"Pemilih yang pindah daerah dipaatikan tidak dapat memilih caleg DPRD Kota/kabupaten. Pemilih itu akan masuk ke DPTb,"ujarnya.

Selain itu, Jaffar juga menjelaskan saat ini KPU sudah selesai merakit kotak suara. KPU juga tengah melipat tiga jenis surat calon legislatif yang telah tiba.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved