Rapidin Temui 117 Pekarya Muda Berbasis Kearifan Lokal se Kawasan Danau Toba

Rapidin Simbolon mempercayakan 44 pekarya muda dari Kabupaten yang dia pimpin mengikuti pelatihan wirausaha berbasis kearifan lokal.

Rapidin Temui 117 Pekarya Muda Berbasis Kearifan Lokal se Kawasan Danau Toba
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon (kanan) melihat karya seni pahat gorga sambil berbincang dengan pemilik karya Andes Mangoloi Saputra Sinaga (kiri) didampingi Elvera N Makki, Director and Country Head Of Coeporate Affairs Citi Indonesia pada penyelenggaraam boot camp wira usaha muda bagi 117 anak muda di Kawasan Danau Toba, tepatnya di Samosir Cottage, Tuktuk Siadong, Samosir, Selasa (19/2/2019) 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - UNESCO Office Jakarta bersama dengan Citi Indonesia (Citibank) menyelenggarakan boot camp wira usaha muda bagi 117 anak muda di Kawasan Danau Toba, tepatnya di Samosir Cottage, Tuktuk Siadong, Samosir, Selasa (19/2/2019).

Kali ini Kabupaten Samosir menjadi tempat pilihan untuk penyelenggaraan dan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mempercayakan 44 pekarya muda dari Kabupaten yang dia pimpin mengikuti pelatihan wirausaha berbasis kearifan lokal tersebut.

Pada kegiatan ini, terpantau 117 wirausa muda dari lima kabupaten di sekitar Kawasan Danau Toba yakni, Toba Samosir, Humbang Hasundutam, Simalungun, Samosir, dan Tapanuli Utara diundang untuk mengikuti boot camp. Kawasan tersebut sengaja dipilih karena merupakan satu dari 10 destinasi perioritas pariwisata yang sedang dikembangkan pemerintah. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk memajukan usaha industri kreatif para wirausaha muda yang tinggal di Kawasan Kaldera Toba.

Amatan Tribun, berbagai perwakilan wirausaha muda dari lima kabupaten di Kawasan membawa produk karya masing-masing. Adapun beragam mahakarya itu berupa ukiran, gorga, tenun, serta hasil kreatifitas lainnya.

Tiba di tempat pelatihan, Rapidin langsung menemui pekarya. Memperhatikan karya-karya seni yang terpajang rapi. Ada tenun, ukiran kayu pekarya muda kini milik Jesral Tambun dan Andes Mangoloi Saputra namun tak kehilangan esensi budaya Bataknya.

Kepada Rapidin, pria yang akrab disapa Mangoloi tersebut memperkenalkan karya mereka yang tak jauh dari kearifan lokal, serta menjawab kebutuhan masa kini. Rapidin sempat terpaut dan memelototi seni pahat gorga, kalung uhir berbentuk 'ulu paung' dan tongkat khas tradisi 'tukkkot' menyerulai ular. Kalung uhir, berbentuk 'ulu paung' yang dipemerkan tersebut memang saat ini sedang 'ngetrend' di kalangan pemuda dan telah menjangkit ke perkotaan, berkat pekarya ukir itu.

Bertatap muka dengan pekarya muda se-Kawasan Danau Toba Rapidin menyampaikan 'support' penuh terhadap generasi yang mau berkreatifitas berbasis kearifan lokal. Rapidin memandang, pelatihan wirausaha di sekitar situs warisan dunia (Geopark) tersebut merupakan program yang sangat sejalan dengan visi misi pariwisata Samoair.

Alasan Rapidin, program ini tepat sasaran. Apalagi, para anak muda di Kawasan Danau Toba yang merupakan situs Geopark Nasional memiliki kesempatan besar untuk memajukan tradisi budaya Batak sendiri menjadi suatu kesempatan dalam industri kreatif. Sehingga kemakmuran meningkat, nilai-nilai moral hingga alam atau peradaban budaya Batak tetap terjaga sembari pekarya muda Kawasan Danau Toba mengembangkan bisnis.

"Terimakasih teman-teman warga kabupaten tetangga. Terimakasih kepada ibu bapak narasumber, yang menjadi ujung tombak. Toba Boot Camp 2019 yang bergerak di bidang industri kreatif dengan sasaran anak muda lima kabupaten terkhusus Samosir. Untuk membina generasi muda yang melakukan wirausaha di Sekitra situs geopark, program ini sejalan dengan visi misi pariwisata. Dan akan mendorong produk lokal yang dapat kita suguhkan kepada wisatawan lokal maupun asing",tambahnya.

Rapidin menambahkan, bahwa kasawasan Danau Toba saat ini merupakan super priorotas untuk dibangun menjadi kawasan yang bertaraf destinasi pariwisata internasional. Namun, Rapidin lebih mengajak serta mengharapkan warga Danau Toba, khususnya Samosir lebih mempersiapkan SDM dalam menyambut perkembangan.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved