Medan Zoo Tambah Koleksi Hewan, Barter Harimau Sumatera dengan Orangutan

Koleksi Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo) bertambah. Tiga jenis satwa dikirim dari Kebun Binatang Ragunan

Medan Zoo Tambah Koleksi Hewan, Barter Harimau Sumatera dengan Orangutan
TRIBUN MEDAN
Petugas memindahkan Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) yang telah diberi sunti obat bius ke dalam kandang di Medan Zoo, Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/2/2019). Medan Zoo melakukan pertukaran satwa dua ekor harimau jantan dengan kebun binatang Ragunan yaitu satu ekor Kapibara, enam ekor Pelikan dan sepasang Orangutan Kalimantan.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Koleksi Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo) bertambah. Tiga jenis satwa dikirim dari Kebun Binatang Ragunan sebagai ganti dua ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang dikirim ke ragunan.

Direktur Utama PD Pembangunan yang membawahi Medan Zoo, Putrama Alkhairi mengatakan ketiga koleksi baru kiriman Kebun Binatang Ragunan yakni sepasang orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang bernama Hamidah dan Diimbah, tiga ekor pelikan timor (Pelacanus conspicillatus) dan seekor capybara (Hydrochoeeus hydrochaeris).

"Ketiga satwa itu merupakan hasil pertukaran dengan 2 ekor harimau sumatera jantan koleksi Medan Zoo," kata Putrama, Rabu (20/2/2019)

"Keduanya sudah dikirim ke Kebun Binatang Ragunan beberapa hari lalu. Ditukar dengan orangutan, pelikan dan capybara. Orangutannya sepasang,” sambungnya.

Putrama menuturkan bahwa ada tambahan koleksi baru dari Kebun Binatang Ragunan. 

Sebab, koleksi Medan Zoo masih jauh dari lengkap. 

Saat ini baru mempunyai 157 spesies, yang didominasi jenis unggas. 

Medan Zoo belim mempunyai singa, onta dan burung onta.

Untuk melengkapi koleksi itu, Medan Zoo akan terus melakukan pertukaran dengan kebun binatang atau taman margasatwa lain yang ada di Indonesia.

"Kita (Medan Zoo) akan mengirimkan koleksi satwanya yang surplus, seperti harimau sumatera, untuk mendapatkan koleksi baru," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved