Tim Dokter Ragunan Nyatakan Medan Zoo Layak Untuk Orangutan

Kondisi Taman Margasatwa Medan Zoo dinyatakan layak untuk memelihara dan mengembangkanbiakkan orangutan.

Tim Dokter Ragunan Nyatakan Medan Zoo Layak Untuk Orangutan
TRIBUN MEDAN
Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) berada di dalam kandang untuk dipindahkan di Medan Zoo, Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/2/2019). Medan Zoo melakukan pertukaran satwa dua ekor harimau jantan dengan kebun binatang Ragunan yaitu satu ekor Kapibara, enam ekor Pelikan dan sepasang Orangutan Kalimantan.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Kondisi Taman Margasatwa Medan Zoo dinyatakan layak untuk memelihara dan mengembangkanbiakkan orangutan

Hal ini dikatakan oleh Ketua Tim Dokter Ragunan Syafri Edwar yang turut mendampingi sepasang Orangutan Kalimantan Hamidah dan Diimbah yang didatangkan dari Ragunan ke Medan Zoo, Rabu (20/2/2019).

Ia menjelaskan, dalam kerjasama pertukaran satwa yang dilakukan, tentunya Ragunan tak serta merta menukarkan orangutan ke kebun binatang lain. Perlu adanya survey tempat apakah layak atau tidak.

"Jadi sebelumnya, tim kita sudah survey di sini. Di saat kita menilai ini memang sudah layak, baru kita kirim satwanya ke sini. Jadi kondisinya menurut kami sudah layak dan sudah mirip dengan yang ada di Ragunan," ucap Syafri.

Dijelaskannya, tidak masalah jika kandang orangutan tidak memiliki pohon, yang penting ada tempat perlindungan atau berteduhnya.

"Ada tempat perlindungan satwanya, kemudian kandang tidurnya nyaman, itu juga sudah hampir kita sama kan dengan yang di Ragunan."

"Kalau makanan, kita berbagi informasi makanan yang ada di Ragunan. Kita sampaikan pada tim di sini. Jadi walaupun gak ada pohon gak apa-apa. Yang penting dia ada tempat peneduhnya, kemudian tempat bersarang," jelasnya.

Direktur Utama PD Pembangunan Kota Medan Putrama Alkhairi mengatakan, Medan Zoo saat ini memiliki banyak harimau hasil dari pengembangbiakan. 

Karena itu, Medan Zoo siap mengembangbiakkan orangutan seperti yang dilakukan terhadap harimau.

Saat ini saja memiliki 14 ekor harimau. Dengan rincian 9 ekor harimau Sumatera dan 5 ekor Harimau Benggala.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved