Sampah TPA Terjun Menggunung, Limbahnya Mengalir ke Tambak Warga

Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Kecamatan Medan Marelan saat ini sudah menggunung.

Sampah TPA Terjun Menggunung, Limbahnya Mengalir ke Tambak Warga
TRIBUN MEDAN/Liska Rahayu
Tambak ikan warga terlihat bersebelahan dengan TPA Terjun, Kamis (21/2/2019). Seorang penambak mengatakan sudah sering terkena limbah TPA tersebut. 

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Kecamatan Medan Marelan saat ini sudah menggunung. 

Sebagian lahan bahkan sudah ditumbuhi rumput hingga menyerupai gunung dengan bau yang tidak sedap.

Namun, berbanding terbalik dengan kondisi tempat pembuangan sampah tersebut, di sebelahnya terdapat tambak ikan warga dengan kondisi air yang bagus. 

Kondisi sampah yang sudah menggunung tersebut tentunya mengancam ikan-ikan yang ada di tambak.

Seorang penambak ikan Nila bernama Siswo mengatakan, tambak ikannya sudah sering kemasukan limbah dari TPA Terjun. Bahkan ikannya sudah banyak yang mati.

"Sudah seringlah. Udah banyak ikan yang mati, kemaren aja 1 ton ada itu enggak terambil," katanya saat dijumpai di tambak miliknya, Kamis (21/2/2019).

Siswo mengatakan, jika terkena limbah seperti itu, ia meminta ganti rugi. Namun, terakhir kali pihak TPA Terjun belum ada memberikan ganti rugi terkait matinya ikan di tambaknya.

"Kita enggak minta banyak, bisa balik bibit pun jadilah. Pertama dulu dikasih Rp 2,5 juta untuk beli bibit aja, enggak apa-apa. Tapi sekarang toleransi pun enggak ada," jelas Siswo.

Ia mengatakan, terkait air limbah yang dihasilkan TPA Terjun, pihak TPA tidak mengelolah pembuangan limbah dengan baik. 

Parit yang membatasi TPA dan tambak saja tidak dibersihkan oleh pengelola TPA, sehingga jika limbah meluap, tembak di sekitar TPA akan terkena dampak.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved