Tuding Proses Penjaringan Banyak Kejanggalan, Calon Perangkat Desa Datangi Kantor Camat Sumbul

"Ada 20 kecurangan yang kami temukan dalam proses penjaringan perangkat desa beberapa waktu lalu," kata Saiful Bastian

Tuding Proses Penjaringan Banyak Kejanggalan, Calon Perangkat Desa Datangi Kantor Camat Sumbul
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Seorang perwakilan peserta penjaringan perangkat desa di Sumbul, Saiful Bastian Simbolon menunjukkan dokumen gugatan penolakan proses penjaringan perangkat desa yang ditujukan ke pejabat Kecamatan Sumbul pada Jumat (22/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Sejumlah calon perangkat desa yang berasal dari lima desa di Kecamatan Sumbul menggugat hasil proses penjaringan yang dinilai banyak terdapat kejanggalan. Para calon perangkat desa itu berasal dari Desa Kuta Gugung, Desa Tanjung Beringin I, Desa Perjuangan, Desa Pargambiran dan Desa Pangguruan.

Tindakan itu mereka lakukan dengan cara mendatangi kantor Camat Sumbul di Jalan Pelita No 43, Sumbul, Kabupaten Dairi untuk menyerahkan dokumen pernyataan sikap.

Salah seorang perwakilan, Saiful Bastian Simbolon mengatakan proses penjaringan yang dipimpin Sekretaris Camat Sumbul, Poltak Lumban Gaol sebagai panitia seleksi syarat akan ketidaknetralan.

"Ada 20 kecurangan yang kami temukan dalam proses penjaringan perangkat desa beberapa waktu lalu," kata Saiful Bastian, Jumat (22/2/2019).

Beberapa kecurangan menurut para calon perangkat desa, diantaranya yaitu pembentukan panitia penjaringan yang diduga melibatkan salah seorang anggota keluarga yang maju sebagai caleg DPRD Dairi.

Selain itu, menurut Saiful terjadi kebocoran soal, sebelum pelaksanaan ujian berlangsung pada 18 Februari 2019 lalu.

"Dasar melakukan penyaringan dan penjaringan kami nilai tidak mempunyai dasar hukum. Penilaian hasil ujian yang dilakukan panitia tidak transparan. Nilai seolah olah dimainkan," sebutnya.

Bahkan, beberapa peserta diantara mereka ada yang mendapat telepon dari seseorang oknum, untuk memberikan mahar uang dengan nilai bervariasi supaya bisa lolos dan dinyatakan terpilih sebagai perangkat desa dalam proses seleksi penjaringan tersebut.

"Untuk itu kami minta proses penjaringan perangkat desa ini diulang," tegasnya.

Sekretaris Camat Sumbul, Poltak Lumban Gaol yang dikonfirmasi terkait sejumlah tudingan dari para peserta seleksi membantah tuduhan yang ditujukan kepada panitia penjaringan.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved