Lima AO Bank Sumut Raih Penghargaan dari Asbanda

dari 10 AO yang mendapatkan penghargaan tersebut lima di antaranya berasal dari BPD Sumut.

Lima AO Bank Sumut Raih Penghargaan dari Asbanda
TRIBUN MEDAN/HO
Ketua Umum Asbanda, Kresno Sediarsi menyerahkan penghargaan. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Sebanyak lima Account Officer (AO) penyalur kredit usaha mikro (KUM) PT Bank Sumut meraih penghargaan dari SBFIC kerja sama dengan ASBANDA karena telah mencapai target hasil penyaluran secara kuantitatif terbanyak serta secara kualitatif dengan kualitas non performing loan (NPL) kurang 1 persen.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Asbanda, Kresno Sediarsi dan disaksikan oleh Konsultan Nasional SBFIC Saptono dan Walikota Solo FX Hadi Rudiatmo, serta Direksi BPD Seluruh Indonesia di sela sela acara Gala Diner undian nasional Tabungan Simpeda Periode ke 2 di pendopo Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Corporate Secretary Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar, menjelaskan dari 10 AO yang mendapatkan penghargaan tersebut lima di antaranya berasal dari BPD Sumut. 

“Kelima AO Bank Sumut tersebut merupakan AO terbaik dari 131 AO yang dimiliki Bank Sumut atau sekitar 47 persen dari total 279 AO KUM seluruh BPD yang telah bekerjasama dengan SBFIC Jerman dan Asbanda,” jelasnya.

Ia menerangkan, kelima AO terbaik tersebut berasal dari Cabang Pembantu daerah Tigalingga,Pangkalan Susu, Marelan dan Pasar Sidikalang. 

“Secara keseluruhan  selama sembilan tahun berjalan Bank Sumut telah menyalurkan Kredit Mikro Sumut Sejahtera (KMSS) Sebesar Rp.1.4 triliun kepada 45.179 debitur dengan kualitas NPL baik dan dibawah ambang batas yang ditetapkan regulator per Desember 2018,” terangnya.

Ia menuturkan, Kredit Usaha Mikro Bank Sumut  diluncurkan sejak Juni 2010 dengan plafond penyaluran mulai dari Rp.5 juta sampai Rp 50 juta per debitur. 

“Selain Bank Sumut, ada sekitar 12 BPD lainnya yang memiliki produk KUM dengan kerjasama analisa kredit dari Sparkassentiftung Jerman. BPD-BPD tersebut kainnya diantaranya adalah Bank Jateng, BPD DIY, Bank Sumsel Babel dan Bank Papua,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, Bank Sumut telah lama menjalin kemitraan dengan SBFIC Jerman dalam hal pendampingan teknis dan Analisa bagi para AO.

“Tujuannya untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kompetensi para AO agar mampu meningkatkan kinerjanya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, selain itu, Bank Sumut juga bahkan kerap diminta sebagai mentor pelatihan Micro Bussines Simulation (MBS) untuk memberikan trainer pelatihan penyaluran KUM kepada BPD BPD lainnya. 

“AO Bank Sumut juga pernah memberikan mentor dan trainer hingga ke BPD Papua dan nantinya minggu depan kita juga akan diminta BPD Aceh untuk memberikan Pelatihan MBS,” katanya.

Hadir pada acara tersebut Komisaris Bank Sumut Brata Kesuma, dan Muchammad Budi Utomo, Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar, Pimpinan Divisi Dana dan jasa Ahmad Ferry Affandi dan Pemimpin Divisi SDM Burhanuddin Siregar.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved