Karnaval Becak serta Ragam Potensi Samosir Dipamerkan pada HUT Kabupaten Samosir Ke-XV

Karnaval Becak Motor hias tersebut dilepas oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon dari Komplek Perkantoran Pemkab Samosir di Parbaba

Karnaval Becak serta Ragam Potensi Samosir Dipamerkan pada HUT Kabupaten Samosir Ke-XV
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Satu di antara banyak betor yang dihias dengan simbol kearifan lokal Budaya Batak di Kecamatan Ria Ni Ate, Samosir, Senin (25/2/2019) Petang. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR -135 unit becak bermotor (Betor) yang dihias dengan simbol kearifan lokal Budaya Batak memenuhi Halaman Kantor Bupati Samosir, di Kecamatan Ria Ni Ate, Samosir, Senin (25/2/2019) Petang.

Karnaval Becak Motor hias tersebut dilepas oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon dari Komplek Perkantoran Pemkab Samosir di Parbaba, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XV Kabupaten Samosir.

Amatan Tribun, becak tersebut dihias dengan beragam motif kearifan lokal. Betor-betor itu didesain menyerupai rumah adat Batak penuh corak gorga, Sigale-gale, perempuan 'Panortor Si Pitu Sawan', wanita penari tujuh cawan. Kemudian berbentuk ikan, serta 'solu' sampan tradisional alat nelayan tradisional bertangkap ikan di Danau Toba.

Becak-becak itu dikemudikan 'abang becak' dengan berpakaian ulos Batak. Perjalan ke Kantor Bupati berjarak 13 Kilometer, dan mereka diberangkatkan diiringi dengan tortor borhat-borhat (Tarian Pemberangkatan).

“Pada hari ini kita akan melepas karnaval ini, mereka adalah mayarakat kecil yang harus kita bantu dan kita sejahterakan. Itulah visi dan misi kita di Kabupaten Samosir, sebab selama ini mereka telah berkontribusi mengangkut hasil bumi dan pariwisata di Samosir,” ujar Rapidin sambil mengangkat bendera tanda peserta karnaval dilepas.

Berikut foto-foto karnaval becak Bermotor dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XV Kabupaten Samosir.

Betor yang dihias dengan simbol kearifan lokal Budaya Batak.
Betor yang dihias dengan simbol kearifan lokal Budaya Batak. (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA)
Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XV Kabupaten Samosir, di Komplek Perkantoran Pemkab Samosir, Senin (25/2/2019).
Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XV Kabupaten Samosir, di Komplek Perkantoran Pemkab Samosir, Senin (25/2/2019). (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA)

Kemudian, selain karnaval becak ada stand-stand ekonomi kerakyatan lainnya. Bupati dn wakil pun mengnjungi perwakilan warga tiap kecamatan yang memamerkan hasil bumi Samosir hingga maha karya kesenian asli Samosir. Hasil bumi serta maha karya kesenian tersebut, representatif pembangunan pertanian, pariwisata, serta kebudayaan berbasis kearifan lokal.

(jun-tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved