Jelang Pemilu 2019, Tingkat Pengurusan e-KTP Disdukcapil Karo Meningkat 100 Persen

syarat utama menjadi pemilih adalah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Jelang Pemilu 2019, Tingkat Pengurusan e-KTP Disdukcapil Karo Meningkat 100 Persen
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Tingkat Pengurusan E-KTP Di Disdukcapil Karo Meningkat 100 Persen 

TRIBUN-MEDAN.com - Jelang Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 pada 17 April mendatang, tentunya dibutuhkan persiapan yang matang.

Tak hanya penyelenggara, masyarakat juga dituntut berperan aktif dalam menyambut tahun politik ini.

Seperti diketahui, syarat utama menjadi pemilih adalah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo semakin dipadati oleh masyarakat. Mereka berbondong-bondong untuk melakukan perekaman e-KTP.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdukcapil Karo Drs Indra Jaya Bangun, mengungkapkan sejak beberapa waktu terakhir masyarakat yang ingin mengurus e-KTP meningkat.

"Mulai sebulan lalu masyarakat yang mau rekam KTP sudah terlihat meningkat. Kalau peningkatannya bisa dibilang drastis, sampai 100 persen," ujar Indra, saat ditemui di ruangannya, Jalan Veteran, Kabanjahe, Rabu (27/2/2019).

Amatan www.tribun-medan.com, puluhan masyarakat terlihat mengantre di Kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP. Antreanpun tak hanya terlihat pada bagian ruang tunggu kantor, bahkan belasan masyarakat juga tampak menunggu di depan pintu masuk.

Indra menyebutkan, peningkatan selalu terlihat setiap harinya. Dirinya mengaku, pada bulan sebelumnya pihaknya hanya melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP sebanyak 150 hingga 200 data. Namun saat ini, pihaknya mendata sedikitnya mengunggah 400 data penduduk.

"Jam pelayanan kita kan mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB, itu masyarakat selalu penuh bergantian mengurus e-KTP," ucapnya.

Untuk proses pencetakan, dirinya menyebutkan tergantung kelancaran jaringan. Karena seluruh data masuk langsung dikirim ke pusat. Dirinya menyebutkan, jika tidak ditemukan kendala proses pencetakan e-KTP bisa selesai selama satu hari.

"Kewajiban kita kan selaku pelayan sudah kita kerjakan, jadi masyarakat juga dimohon untuk mengerti. Tapi satu bulan ini memang tidak ada kendala jaringan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved