Viral Medsos

Jokowi Dituduh Bungkam Lawan Dengan UU ITE, Mahfud MD Ungkap Korban Pertama UU ITE Saat SBY Berkuasa

Dalam twitternya dia menjelaskan bahwa undang-undang tersebut dibuat pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),

Jokowi Dituduh Bungkam Lawan Dengan UU ITE, Mahfud MD Ungkap Korban Pertama UU ITE Saat SBY Berkuasa
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menjelaskan saat hadiri diskusi yang bertajuk Saresehan Kebangsaan, di Four Points Hotel, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/2/2019). Diskusi tersebut mengambil tema Merawat Kebhinekaan dan Mengokohkan Kebangsaan, yang mengulas berbagai persoalan bangsa terkait penggunaan politik identitas dan penyebaran hoaks yang semakin marak. 

TRIBUN-MEDAN.com-Tiga emak-emak relawan Prabowo-Sandiaga dijadikan polisi sebagi tersangka karena melakukan kampanye hitam  terhadap Jokowi-Ma'aruf Amin

"Kita tetapkan jadi tersangka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019).

Ketiga wanita asal Karawang yang diketahui berinisial ES, IP dan CW ini diamankan sejak Minggu (24/2/2019).

Penetapan tersangka ketiganya ini berdasarkan dua alat bukti yang telah diperiksa penyidik, yakni video dan ponsel.

Penyidikan terhadap kasus ini akan dilanjutkan di Polres Karawang dengan tetap dibantu dari Ditreskrimsus dan Ditreskrimum Polda Jabar.

"Sekarang proses penyidikan dilakukan oleh Polres Karawang," katanya.

Menurutnya ketiga orang ini dikenakan Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan/atau pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 atau pasal 15 UU RI No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Baca: Dituntut Hukuman Mati, Dua Kurir Sabu asal Aceh Ngobrol sebelum Pembelaan

Baca: Jadwal Pendidikan Agama Belum Ditetapkan, Disdik Tunggu Naskah dari Kemenag

Emak-emak Dalam Video Tak Ada Lagi Azan Jika Jokowi Terpilih Diciduk Polisi, Ditahan di Polda Jabar
Emak-emak Dalam Video Tak Ada Lagi Azan Jika Jokowi Terpilih Diciduk Polisi, Ditahan di Polda Jabar (Facebook/Reynold Simanjuntak)

"Mekanisme undang-undang pemilu kita ketahui adanya dugaan dilaporkan ke Bawaslu kemudian akan dianalisa dengan tim gakumdu (Penegak Hukum Terpadu)," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Karawang dan netizen dihebohkan video sosialisasi yang diduga mengarah pada kampanye hitam terhadap pasangan capres dan cawapres nomor urut 01.

Video tersebut diunggah pemilik akun twitter @citrawida5.

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved