Ruas Jalan Amblas tak Kunjung Diperbaiki, Dikhawatirkan Bakal Makan Korban

Sudah lama itu bang. Bulan November 2018 lalu kejadiannya. Tanahnya amblas," ujar Medianto.

Ruas Jalan Amblas tak Kunjung Diperbaiki, Dikhawatirkan Bakal Makan Korban
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Tiga bocah penduduk Desa Sopobutar, Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi berjalan melintasi ruas jalan yang ambles sebagian di Desa Sopobutar, Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi, Rabu (27/2/2019). Kondisi jalan tersebut beresiko membahayakan pengguna jalan. Untuk itu, pemerintah diharap dapat segera memperbaikinya. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Dua lubang besar berdiameter kurang lebih empat meter menganga di ruas jalan aspal Desa Sopobutar, dekat SDN 034805 Sopobutar. Kedalamannya ditaksir 50 meter.

Tak ada pengaman di sekeliling bibir kedua lubang. Namun, tak jauh dari lokasi kedua titik, terpampang papan peringatan bahaya longsor yang sengaja didirikan koramil setempat.

"Sudah lama itu bang. Bulan November 2018 lalu kejadiannya. Tanahnya amblas," ujar Medianto Sitorus (32), seorang warga setempat kepada Tribun Medan, Rabu (27/2/2019).

Sopobutar ialah sebuah desa yang berada di Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi. Sekitar dua jam perjalanan dari Sidikalang, ibu kota Dairi.

Medianto bercerita, kedua lubang itu tercipta sekitar akhir November 2018 lalu. Saat itu, daerah perbukitan ini tengah dilanda musim penghujan.

Hujan terus menerus menyebabkan tanah, yang berada di titik ruas aspal itu, menjadi lembek dan akhirnya ambles.

Material tanah dan aspal yang ambles itu lalu menimpa areal persawahan dan gubuk di bawahnya.

"Kejadiannya malam hari. Waktu itu lagi hujan dan saya ada di rumah. Sewaktu kejadian, sempat terdengar memang ada suara gemuruh, tetapi saya belum tahu kalau itu suara longsor. Baru tahu esok paginya," tutur Medianto.

Sementara itu, kepala dusun setempat B Sianturi menuturkan, kedua lubang menganga itu mengancam keselamatan warga, terutama pengendara kendaraan bermotor.

Apabila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan lubang tersebut bakal menelan korban jiwa.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved