Efek Jangka Panjang pada Sepeda Motor bila Oli Mesin Dicampur Minyak Goreng

Kabarnya dengan mencampur minyak goreng dan oli mesin mampu membuat performa mesin jadi meningkat, tarikan lebih oke, ringan getaran

Efek Jangka Panjang pada Sepeda Motor bila Oli Mesin Dicampur Minyak Goreng
Dok Motor Plus
Oli mesin dicampur minyak goreng. 

TRIBUN-MEDAN.com-Pada media sosial Facebook, banyak info yang beredar mengenai pencampuran oli dengan minyak goreng.

Kabarnya dengan mencampur minyak goreng dan oli mesin mampu membuat performa mesin jadi meningkat, tarikan lebih oke, ringan getaran dan suaranya jadi lebih halus.

Kabar yang menyebar itu jadi kontroversi, ada yang pro dan yang kontra. Maka dari itu, mari dibuktikan di atas mesin Dynojet 250i milik Duta Motor Sport (DMS), Bekasi, Jawa Barat.

Dan satu hari sebelumnya dilakukan riding santai untuk mengetahui perbedaannya. Motor yang digunakan Honda Supra X125 lansiran 2009. Sementara, minyak goreng yang dicampurkan ke dalam oli mesin sebanyak 200 ml dari total oli mesin 800 ml.

Dengan demikian komposisinya 600 cc oli mesin dan 200 cc minyak goreng. Sebelum ditest riding, oli mesin yang sudah dipakai kira-kira 3 minggu ini di-drain.

Namun tidak dibuang, tapi dikurangi 200 ml dan diganti dengan minyak goreng sebanyak 200 ml seperti yang disebutkan di atas.

Saat dimasukkan ke mesin, suara mesin dan putaran mesin tidak berubah dari sebelumnya. Saat motor digas pun tidak terlihat perbedaannya.

Namun, saat dipakai riding, pengendara merasa getaran mesin terasa lebih halus. Mungkin campuran oli mesin dan minyak goreng sudah menyatu.

Peran oli penting untuk mendukung kinerja mesin agar bekerja lebih baik. Viskositas oli juga pengaruh terhadap kecepatan aliran oli mengalir di dalam mesin.

Untuk membuktikan apakah power mesin berubah, maka motor berwarna biru putih ini diuji di atas mesin Dynojet 250i.

Halaman
123
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved