KPU Dairi Sosialisasi Pemilu di SMKN 1 Sidikalang, Ajak Pelajar Bergabung jadi Anggota KPPS

Veryanto menyerukan ajakan untuk tolak golput, tolak hoaks, dan tolak politik uang.

KPU Dairi Sosialisasi Pemilu di SMKN 1 Sidikalang, Ajak Pelajar Bergabung jadi Anggota KPPS
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Sekitar 80 pelajar SMKN 1 Sidikalang menyimak penjelasan moderator dalam acara sosialisasi pemilu di sekolah mereka, Kamis (28/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - KPU Kabupaten Dairi kembali menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada para pemilih pemula di SMKN 1 Sidikalang, Kamis (28/2/2019). Tampil sebagai pembicara, Komisioner KPU Dairi Veryanto Sitohang.

Di hadapan sekitar 80 siswa dan siswi yang hadir, Veryanto menyerukan ajakan untuk tolak golput, tolak hoaks, dan tolak politik uang. Selain itu, Veryanto juga mengenalkan spesimen surat suara yang bakal dipergunakan pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tanggal 17 April 2019 nanti.

Pada kesempatan itu, Veryanto mengajak para siswa dan siswi agar turut ambil bagian dalam proses Pemilu 2019 dengan menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Siapa di sini yang sudah berumur 17 tahun? Coba angkat tangan," ujar Veryanto.

Sebagian besar dari para pelajar yang hadir pun unjuk jari. Veryanto kemudian menjelaskan, seluruh warga negara Indonesia berkesempatan menjadi anggota KPPS, tak terkecuali pelajar SMK. Salah satu syarat utama mendaftar, yaitu berumur 17 tahun.

"KPPS adalah petugas pemungutan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Untuk itu, bagi adik-adik sekalian yang berminat menjadi anggota KPPS, silakan mendaftar. Ajukan surat lamaran ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang ada di desa atau kelurahan dimana kalian berdomisili," tutur Veryanto.

Syarat lainnya, sambung Veryanto, ialah tidak terlibat partai politik dan berdomisili di wilayah TPS.

"Ada honornya. Untuk anggota KPPS, sebesar Rp500 ribu," imbuh Veryanto.

Veryanto, yang ditemui usai kegiatan mengatakan, KPU Dairi secara aktif telah melakukan sosialisasi ke berbagai segmen pemilih pemula di sekolah-sekolah dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Pihaknya optimistis, Pemilu 2019 di Kabupaten Dairi bakal berjalan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya

"Sejauh ini kita melihat antusiasme masyarakat terhadap Pemilu 2019 cukup besar. Kami yakin, pemilu tanggal 17 April 2019 nanti akan berjalan lebih baik, partisipasi meningkat dibandingkan Pilkada Dairi 2018 yang lalu," kata Veryanto.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved