Yamaha RX-King Langka Ini Bernilai Rp 70 Juta, Ini Kelebihannya

Erik Tanjung menuturkan, akibat dari banyaknya peminat, tak ayal membuat harga motor ini pun melambung tinggi.

Yamaha RX-King Langka Ini Bernilai Rp 70 Juta, Ini Kelebihannya
Awank/google.plus
RX-King Cobra. 

TRIBUN-MEDAN.com-Motor 2-tak di zaman sekarang emang sedang jadi buruan kolektor, misalnya Yamaha RX-King. Tapi dari berbagai varian Yamaha RX-King, versi Cobra jadi buruan kolektor hingga harganya tembus Rp 70 juta!

Pecinta sekaligus pemilik Bengkel spesialis RX-King, Bursa Karbu Jogja, Erik Tanjung menuturkan, akibat dari banyaknya peminat, tak ayal membuat harga motor ini pun melambung tinggi.

"Untuk produksi keluaran tahun terakhir, dengan kondisi masih bagus dan orisinil semua, ada yang laku harga Rp 70-80 juta," ujarnya dikutip GridOto dari TribunJogja.com.

Ngomongin RX-King Cobra, harganya bisa di atas Rp 70 juta atau hampir setara tingginya dengan keluaran Yamaha RX-King terakhir yang masih orisinil alias bukan restorasian.

RX-King Cobra, kata Erik, jadi perburuan karena disebut sebagai seri paling bandel dengan bahan spare part yang masih dianggap terbaik saat motor itu mulai produksi.

Blok mesinnya, RX-King Cobra dan keluaran 1990 an masih built up Jepang seluruhnya, menggunakan seri Y1 dengan kode 29N.

Untuk seri block Y1 ini jika masih baru atau ada sisa stock yang belum pernah terpakai, harganya sekarang untuk blocknya saja bisa mencapai Rp 20 juta.

Yamaha RX-King milik Erik Tanjung, juragan Bursa Karbu Jogja
Wahyu Setiawan / Tribun Jogja. Yamaha RX-King milik Erik Tanjung, juragan Bursa Karbu Jogja

Erik menuturkan tingginya harga block orisinil RX-King Cobra itu karena material logam pembentuknya yang bagus dan tak gampang panas. Juga lebih awet.

Selain block, yang membuat seri RX-King Cobra mahal juga karena sejumlah komponen yang dinilai produksi terbaik di masanya. Seperti bagian kruk as dan kalter tengahnya yang sangat keras.

Erik menambahkan, tak hanya King Cobra, RX-King seri RX-K keluaran pertengahan tahun 1990 an juga ikut diburu belakangan.

Halaman
12
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved