32 Tahun Toko Buku Gramedia Setia Melayani Masyarakat Kota Medan

Bahkan, semakin berjalannya waktu Toko Buku Gramedia semakin tersohor di semua lapisan masyarakat.

32 Tahun Toko Buku Gramedia Setia Melayani Masyarakat Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Toko Buku Gramedia di Jalan Gajah Mada Nomor 23, Kelurahan Petisah, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - 32 tahun sudah Toko Buku Gramedia setia melayani masyarakat di Kota Medan, bahkan berbagai penjuru masyarakat kota dan kabupaten Provinsi Sumatera Utara yang datang untuk membeli buku.  

27 Januari 1987 merupakan waktu lahirnya Toko Buku Gramedia, di Jalan Gajah Mada Nomor 23, Kelurahan Petisah, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, dengan bangunan berlantai satu berukuran 450 meter persegi.

Pada saat itu, Toko Buku Gramedia pun masih bergabung dengan Media Kompas. Hal ini juga dikarenakan Toko Buku Gramedia merupakan anak dari perusahaan Kompas Gramedia. 

 
"Kalau kita bukanya itu tahun 1987, dan Gramedia ini belum besar masih separuh dari yang sekarang. Ukurannya pun masih berbentuk rumah dan tempatnya masih di Jalan Gajah Mada. Tanggal 15 bulan 12 tahun 1986 kami karyawan sudah masuk tetapi belum buka Tokonya," ujar Kasiman, Kepala Devisi Rumah Tangga Toko Buku Gramedia, Jumat (1/3/2019).

 
Tokoh gramedia saat itu juga hanya memiliki 9 orang pegawai, namun itu tidak menjadi suatu kendala terhadap Toko Buku Gramedia untuk berkembang. 

Bahkan, semakin berjalannya waktu Toko Buku Gramedia semakin tersohor di semua lapisan masyarakat.

Ramainya kunjungan konsumen untuk belanja buku dan alat tulis kertas membuat Toko Buku Gramedia menjadi toko buku nomor satu di Kota medan. 

"Dahulu konsentrasinya jual buku, dan dahulu lagi galak-galaknya majalah bobo, majalah donal bebek, intisari, dan novel. Terus semangkin lama, terus berkembang," Kasiman. 

Tokoh Buku Gramedia terus mengalami perkembanga, hingga pada tahun 1993 Toko Buku Gramedia membuka cabang di Medan Mall, di Jalan Muhammad T Haryono, Pusat Pasar, Kota Medan. 

Pada massa-massa Krisis moneter tahun 1998, Toko Buku Gramedia tidak mengalami kemunduran dalam perkembangan bisnis di dunia buku. Malah, di tahun itu Toko Buku Gramedia baru saja selesai direhab menjadi dua lantai dan besar sampai sekarang ini. 

Halaman
12
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved