Alamak

YARA Minta Probowo Subianto Agar Melepaskan Lahan HGU untuk Dibagikan Kepada Korban Konflik di Aceh

Probowo Subianto diminta lepaskan lahan Hak Guna Usaha (HGU) miliknya untuk dibagikan kepada korban konflik di Aceh.

YARA Minta Probowo Subianto Agar Melepaskan Lahan HGU untuk Dibagikan Kepada Korban Konflik di Aceh
Dok. Istimewa via Serambinews.com
PT Tusam Hustani Lestari (THL) memperoleh Hak Pengusahaan Hutan Tanaman Industri (HPHTI) di beberapa kabupaten di wilayah tengah Aceh selama 43 tahun, atau sampai dengan tahun 2042. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Ketua Arus Baru Indonesia Provinsi Aceh,  Helmy N Hakim mengucapkan terima kasih kepada calon presiden nomor urut 01, Jokowi karena telah mengungkapkan kepemilikan lahan HGU sebesar 120 ribu hektare (ha) yang dikuasai capres nomor urut 02 Prabowo di Aceh Tengah dalam debat capres, Minggu (17/2/2019).

Tapi jumlah yang sebenarnya bukan 120.000 ha sebagaimana disebutkan Jokowi, tapi seluas 93.000 ha.

"Pengungkapan fakta ini dapat menjadi penyadaran bagi rakyat Aceh secara umum," kata Helmy N Hakim yang juga politisi PDIP Aceh kepada Serambinews.com, Selasa (19/2/2019).

Di sisi lain, Helmy juga mengapresiasi pernyataan Prabowo yang bersedia melepaskan HGU lahan tersebut apabila negara membutuhkan.

"Ini berarti pemerintah pusat dapat segera memenuhi salah satu poin perjanjian MoU Helsinki yang mencantumkan pemberian tanah seluas 2 hektar pada eks kombatan GAM untuk lahan penghidupan dan juga pada masyarakat Aceh Tengah sendiri,”  ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Helmy menghimbau tim sukses Prabowo untuk tidak lagi memunculkan polemik baru dalam isu lahan HGU yang dikuasai Prabowo dengan mencatut nama eks GAM seakan-akan sudah menikmati tanah Prabowo.

“Sekarang saatnya adalah pembuktian dari kerelaan Prabowo menyerahkan tanah HGUdi Aceh Tengah untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. 

YARA Minta Prabowo Bagikan Lahan Pada Warga Korban Konflik

Sementara, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH menyurati calon presiden Probowo Subianto meminta pelepasan lahan Hak Guna Usaha (HGU) miliknya untuk dibagikan kepada korban konflik di Aceh.

Inisiatif YARA menyurati Probowo setelah mendengar statemen Prabowo pada acara debat calon presiden dua hari lalu yang disiarkan televisi nasional, di mana dalam acara tersebut Prabowo menyampaikan akan melepaskan HGU miliknya jika negara membutuhkan.

Halaman
123
Editor: Abdi Tumanggor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved