Dirikan 872 TPS, KPU Dairi Rekrut 6.104 KPPS

"Pendaftaran dilakukan di Panitia Pemungutan Suara yang ada di tingkat desa. Lamaran diserahkan kepada mereka," ujar Sudiarman.

Dirikan 872 TPS, KPU Dairi Rekrut 6.104 KPPS
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik saat ditemui saat pelipatan surat suara di Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Sidikalang, Selasa (5/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - KPU Kabupaten Dairi mengajak masyarakat Dairi untuk ambil bagian dalam proses Pemilu 2019 dengan menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pendaftaran dibuka mulai besok, Rabu (6/3/2019) hingga tujuh hari mendatang.

Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik mengatakan, kuota personel KPPS yang mereka butuhkan untuk Pemilu tahun ini berjumlah 6.104, untuk ditempatkan pada 872 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jumlah TPS kita 872. Jadi kalikan saja tujuh, sebab satu TPS tujuh orang KPPS," ujar Sudiarman, Selasa (5/3/2019).

Persyaratan menjadi KPPS, kata Sudiarman, antara lain, merupakan warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun, bukan anggota partai politik, berpendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat, berdomisili di wilayah TPS tempat mendaftar, dan belum pernah dua kali menjabat petugas KPPS.

Selain itu, tidak pernah diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, bukan tim sukses calon, tidak ada ikatan pernikahan dengan penyelenggara, dan tidak pernah dipidana penjara selama lima tahun atau lebih.

"Pendaftaran dilakukan di Panitia Pemungutan Suara yang ada di tingkat desa. Lamaran diserahkan kepada mereka," ujar Sudiarman.

Apabila hingga hari terakhir pendaftaran, sambung Sudiarman, jumlah pelamar yang lolos seleksi/rekrutmen belum memenuhi kuota yang dibutuhkan, maka KPU Dairi akan bekerja sama dengan instansi-instansi pendidikan yang ada di Kabupaten Dairi untuk penyediaan tenaga petugas KPPS.

"Tugas KPPS melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Setelah itu, menyerahkan hasilnya kepada PPS," pungkas Sudiarman.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved