Tak Punya Wewenang Tindak Aquafram, Wabub Samosir: Kalau Diberi, Kita Akan Embat Ini

Pemerintah Kabupaten Samosir tidak berani melakukan pengawasan atau menegur PT Aquafram Nusantara

Tak Punya Wewenang Tindak Aquafram, Wabub Samosir: Kalau Diberi, Kita Akan Embat Ini
TRIBUN MEDAN/SATIA
Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga saat berada di ruang Komisi D, DPRD Sumut, Lantai dua, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Selasa (5/3/2019).(Satia). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Pemerintah Kabupaten Samosir tidak berani melakukan pengawasan atau menegur PT Aquafram Nusantara, lantaran izin yang diperolehnya langsung dari Pusat.

Wakil Bupati Kabupaten Samosir, Juang Sinaga mengatakan, jika diberikan mandat untuk menegur dan melakukan tindakan pada perusahaan tersebut.

"Izin dan pengawasan dari pemerintah pusat, kami tidak bisa melakukan apapun, karena ada keputusan dari pusat. Kalau diberi pengawasan kepada kita, maka kita akan embat ini," katanya, saat berada di ruang Komisi D, DPRD Sumut, lantai dua, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Selasa (5/3/2019).

Kemudian, ia mendukung penuh kegiatan pembersihan kawasan perairan Danau Toba untuk tidak digunakan sebagai kerambah jaring apung (KJA).

Selama ini masyarakat masih mengkonsumsi air untuk aktivitas sehari-hari seperti memasak, minum hingga mandi.

Dengan adanya KJA tersebut, kualitas air semakin lama semakin menurun, bahkan tidak baik untuk dikonsumsi.

"Sangat luar biasa pertemuan ini, bahwa Samosir yang dikelilingi oleh Danau Toba, dari seluruh penduduk Samsir menggunakan Aira danau Toba, dari sisi penggunaan danau Toba, kami sangat membutuhkan air."

"Dari kondisi sekarang, secara detail atau lab tidak bisa dibicarakan sekarang, hasil labnya mungkin bapak sudah tahu. Pada intinya masyarakat Samosir sangat ingin air zero polusi," ucapnya.

Juang mengatakan, selama ini sudah mendukung penuh upaya-upaya perbaikan lingkungan Danau Toba dengan cara menanami pohon dan bergotong-royong.

"Kita bergerak untuk menata, apa langkah-langkah selanjutnya, setiap hari Jumat kami gotong royong, kami menanam pohon."

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved