Jelang Pemilu 2019, KPUD Asahan Rekrut 15.841 KPPS dan 4.526 Petugas Linmas

KPUD Asahan merekrut belasan ribu orang untuk menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

Jelang Pemilu 2019, KPUD Asahan Rekrut 15.841 KPPS dan 4.526 Petugas Linmas
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM IDRA JAYA
Ketua KPUD Asahan, Hidayat saat diwawancarai di kantornya Jalan Sisingamangaraja, Kisaran pada Kamis (7/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - KPUD Asahan merekrut belasan ribu orang untuk menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada 17 April 2019 mendatang.

Perekrutan itu nantinya akan dilakukan oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan/desa selama tujuh hari di pekan pertama bulan Maret ini.

"Ya, selama 7 hari, PPS kami melakukan perekrutan KPPS, mulai tanggal 5 Maret," kata Ketua KPUD Asahan, Hidayat pada Kamis (7/3/2019).

Ia menyebutkan, agar proses perekrutan berlangsung sesuai ketentuan, maka lima komisioner KPUD Asahan melakukan monitoring ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan.

Apalagi dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebesar 2.263 lokasi, membuat kebutuhan KPPS di Kabupaten Asahan mencapai 15.841 orang.

"Kami lakukan monitoring ke lapangan agar proses pembentukan KPPS berjalan baik," sebutnya.

Begitu juga dengan perekrutan petugas Linmas yang akan bertugas di hari H pencoblosan, Hidayat menyebutkan PPS turut berperan dalam memberikan rekomendasi kepada Pemkab Asahan.

"Kalau linmas dua per-TPS, jadi total 4.526 petugas linmas yang dibutuhkan. Nama-nama petugas linmas ini akan diserahkan PPS sebagai rekomendasi kepada Pemkab," ungkapnya.

Adapun persyaratan untuk dapat menjadi anggota KPPS yaitu tidak boleh lebih dari dua kali secara berturut-turut menjadi petugas KPPS. Belum pernah dipidana dan dapat dibuktikan dengan surat dari pengadilan. Bukan anggota partai politik mana pun minimal dalam lima tahun terakhir.

Selain itu, calon anggota KPPS tidak pernah tergabung sebagai tim kampanye atau relawan caleg/pilpres.

"Dalam proses perekrutan KPPS ini, petugas PPS berkoordinasi dengan Panwascam setempat," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved