KPU Dairi Temukan 1.837 Surat Suara Rusak, Berlebih 264 Lembar

Selama proses penyortiran dan pelipatan, ditemukan surat suara rusak berjumlah 1.837 lembar.

KPU Dairi Temukan 1.837 Surat Suara Rusak, Berlebih 264 Lembar
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Ketua KPU Dairi, H Sudiarman Manik SPdI MM, saat ditemui, Kamis (7/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - KPU Dairi akhirnya tuntas menyortir dan melipat surat suara untuk pemilhan DPR-RI, DPRD Provinsi Sumut, dan DPRD Kabupaten Dairi.

Selama proses penyortiran dan pelipatan, ditemukan surat suara rusak berjumlah 1.837 lembar.

Selain itu, ada pula temuan surat suara bersisa alias melebihi kebutuhan, yaitu surat suara untuk pemilihan Caleg Dapil III DPRD Dairi sebanyak 264 lembar.

"Jadi, kelebihan itu timbul karena KPU Provinsi tanpa sengaja mengirim lebih banyak dari jumlah yang kita butuhkan," ujar Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik kala ditemui Kamis (7/2/2019) sore.

Sudiarman menguraikan, untuk kertas surat suara DPR RI Dapil Sumut III yang rusak berjumlah 484 lembar. Kemudian, surat suara DPRD Sumut Dapil XI yang rusak berjumlah 1.020 lembar.

Selanjutnya, kertas surat suara DPRD Dairi yang rusak, untuk Dapil I berjumlah 113 lembar, untuk Dapil II berjumlah 74, untuk Dapil III berjumlah 24, dan untuk Dapil IV berjumlah 122.

Kerusakan itu, sambung Sudiarman, antara lain dalam wujud kertas suara mengalami sobek, kusut, dan bernoda tinta.

Sudiarman menambahkan, jumlah kertas surat suara yang robek dan berlebih itu selanjutnya dilaporkan kepada KPU pusat, melalui KPU Provinsi, agar kertas surat suara pengganti (yang kekurangan) segera dikirim.

"Nantinya kertas surat suara yang rusak dan berlebih itu kita musnahkan dengan cara dibakar, satu hari sebelum hari pencoblosan. Pada acara pemusnahan itu, kita akan undang stakeholder untuk menyaksikan," tukas Sudiarman.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved