Orang Tua Afdun Bersyukur, Buah Hatinya Selesai Operasi VP Shunt

Kondisi bayi berusia dua bulan yang menderita Hidrosefalus (Pembengkakan Kepala) itu semakin membaik

Orang Tua Afdun Bersyukur, Buah Hatinya Selesai Operasi VP Shunt
TRIBUN MEDAN/HO
Afdun Hamdan bayi penderita Hidrosefalus berusia dua bulan, di RSUP H Adam Malik. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Naswardi Sihotang (27) terus mengucap syukur, karena Afdun Hamdan, buah cintanya dengan istrinya Afsanah Piareka Zebua (22), akhirnya menjalani operasi Ventriculoperitoneal Shunt (VP shunt) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, Rabu (6/3/2019).

Kondisi bayi berusia dua bulan yang menderita Hidrosefalus (Pembengkakan Kepala) itu semakin membaik. Tidak rewel seperti saat sebelum dioperasi.

“Sekarang sudah nggak nangis-nangis lagi. Sudah mau minum si Afdun. Kami sedikit lebih tenang sekarang,” kata Naswardi, Kamis (7/3/2019).

Afdun masih menjalani perawatan intensif di Ruang Rindu A, rumah sakit pelat merah itu.

Dia diinapkan bersama enam pasien anak lainnya dalam satu ruangan. Perban masih menempel di kepala Afdun yang ukurannya belum juga berkurang.

Dari keterangan dokter yang didapat Naswardi, belum ada rencana operasi lanjutan. Mereka masih menunggu perkembangan kondisi Afdun.

Hingga saat ini, tindakan medis masih ditanggung oleh BPJS. Maswardi berharap pemerintah terus membantu mereka. Karena uang yang dimilikinya sudah mulai habis.

Apalagi, selama di Medan, Maswardi tidak bekerja, karena fokus mengurusi bayinya tersebut.

Kasubbag Humas RSUP Haji Adam Malik Medan, Rosario Dorothy, S.Sos, M.IKom mengatakan Afdun telah menjalani operasi sekira pukul 13.30 WIB. Operasi baru selesai sekira pukul 17.30 WIB.

"VP Shunt adalah pengobatan utama bagi kondisi hidrosefalus, yang menyerang satu dari 500 anak. VP Shunt adalah alat kesehatan yang dipasang untuk melepaskan tekanan dalam otak," kata Rosa.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved