Warga Kaget Muncul Titik Api, Petugas Pos PGA Sinabung: Tidak Berpengaruh terhadap Aktivitas Gunung

Dirinya menyebutkan asal mula kemunculan titik api tersebut juga belum bisa dipastikan.

Warga Kaget Muncul Titik Api, Petugas Pos PGA Sinabung: Tidak Berpengaruh terhadap Aktivitas Gunung
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Titik api yang terlihat di Gunung Sinabung, diabadikan dari penetapan Tiga Pancur, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (5/3/2019) malam. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT -  Situasi Gunung Sinabung Selasa (5/3/2019) malam, kembali menjadi perhatian.

Pasalnya, pada badan gunung yang masih dalam status awas level IV itu tiba-tiba muncul titik api.

Menurut seorang warga Desa Tiga Pancur Sarianto Sembiring, mengungkapkan awalnya dirinya melihat kepulan asap yang cukup tebal di sekitar badan gunung.

Peristiwa itu, dilihatnya sekira pukul 16.00 WIB. Dirinya menyebutkan, api terlihat pada sisi selatan hingga Barat Daya gunung dengan panjang sekitar dua kilometer.

"Tadinya kita melihat asap, kemungkinan debu dari gunung, terus mulai gelap kira-kira pukul 18.30 WIB kok malah nampak api, lumayan panjang juga apinya," ujar Sarianto, saat ditemui di penetapan Tiga Pancur.

Setelah dikonfirmasi perihal perstiwa tersebut ke Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Petugas Pos PGA Sinabung Arif Cahyo, mengungkapkan setelah mendapat informasi dari warga, pihaknya langsung melakukan pemantauan.

"Informasi dari warga juga kobaran api paling besar sekira pukul 19.40 WIB. Setelah kita survei ke lapangan, kemudian kita lihat dari kamera termal yang kita gunakan memang ada bekas titik api, kemungkinan kebakaran," ucapnya, Kamis (7/3/2019).

Dirinya menyebutkan, memang saat itu terlihat ada bekas titik api di badan gunung. Namun begitu, dirinya menyebutkan asal mula kemunculan titik api tersebut juga belum bisa dipastikan.

Dirinya mengungkapkan, pada saat dilakukan pemantauan memang hanya tersisa bekas terbakar dan asap. Dirinya menambahkan, akibar dari peristiwa tersebut tidak berpengaruh terhadap aktivitas gunung.

"Sampai saat ini memang aktivitas Gunung Sinabung masih berstatus awas level IV, namun untuk aktivitas erupsi atau awan panas memang tidak ada," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved