Advertorial

Home Sweet Home, Seminar Parenting Sekolah Budi Utomo Medan

Mempunyai putra putri yang pandai dan cerdas, tentunya menjadi harapan dan dambaan setiap orangtua.

Home Sweet Home, Seminar Parenting Sekolah Budi Utomo Medan
TRIBUN MEDAN/HO
Sekolah Budi Utomo melaksanakan seminar Parenting yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2019 di gedung Yayasan Tio Ciu Sumatera Utara dengan tema “Home Sweet Home”. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Mempunyai putra putri yang pandai dan cerdas, tentunya menjadi harapan dan dambaan setiap orangtua. Namun terkadang orangtua sering kesulitan untuk memahami dan bingung mesti bagaimana ketika si kecil rewel, tidak mau menurut dan cenderung keras kepala. Mendidik anak sejak balita merupakan pekerjaan orangtua yang paling sulit.

Setiap orangtua mempunyai cara masing-masing dalam mendidik anak, ada yang sangat sabar namun ada juga yang marah-marah dengan suara yang tinggi dan sering kali diikuti dengan kekerasan seperti menjewer, mencubit atau memukul. Salah salah kita dalam memperlakukan anak, bukannya menurut, sang anak bahkan menjadi pembangkang, dan suka lari dari tanggung jawab serta tidak disiplin.

Melihat pentingnya komunikasi antara orangtua dan cara mendidik anak, maka sekolah Budi Utomo melaksanakan seminar Parenting yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2019 di gedung Yayasan Tio Ciu Sumatera Utara dengan tema “Home Sweet Home”. Acara ini disambut dengan antusias oleh para orangtua /wali murid TK/SD/SMP/SMA Budi Utomo. Peserta yang hadir mencapai ratusan orang.

Tema Home Sweet Home memiliki makna Keluarga yang bahagia, keluarga yang harmonis. Karena keluarga adalah tempat yang ideal bagi tumbuh kembangnya fisik, emosi, dan spiritual anak.

Keluarga yang harmonis dilandasi dengan kebenaran di mana kebajikan sebagai dindingnya serta kedamaian yang menjadi suasana dalam ruangan dan nilai tanpa kekerasan sebagai atap pelindungnya. Hal yang paling penting adalah cinta kasih yang meliputi seluruh isi daripada rumah itu.

Heriyanto sebagai ketua Panitia pelaksana mengatakan, peserta dan orangtua yang hadir dalam seminar Parenting ini mencapai 150 orang, harapannya semoga para orangtua mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang cara mendidik dan berkomunikasi yang baik dengan anak-anak mereka.

Apresiasi juga datang dari Dr Martono Anggusti, Ketua Dewan Pembina Yayasan Budi Utomo Abdi Nusa, Dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya Pendidikan karakter pada anak sejak dini, agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang jujur, penuh integritas, disiplin dan mempunyai kompetensi yang baik, dalam hal ini peranan orangtua dan guru sangat penting.

Orangtua, Guru dan anak harus bisa saling berkomunikasi dengan baik, memberikan arahan dan menjadi contoh bagi anak anaknya. Kami selaku penyelenggara sekolah Budi Utomo, sangat mendukung kegiatan seminar ini, harapan ke depannya, para orangtua, guru dan murid bisa saling mendukung dalam tumbuh berkembangnya para peserta didik menjadi anak yang berguna, berbakti pada orangtua, bangsa dan negara Indonesia tercinta ini”, ungkap Dr Martono.

Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa/i, untuk merasakan kenyamanan dan sekaligus masa depan mereka ditempa di sini. Sebaliknya bagi guru-guru juga harus memperlakukan dan menyayangi siswa/i layaknya mereka memperlakukan anak mereka sendiri.

Ke depannya kami dan orangtua siswa/i akan saling bergandeng tangan dalam membimbing siswa/i Budi Utomo sesuai dengan passion mereka dalam mencari dan menggapai cita-cita dan masa depan mereka yang cemerlang dan bahagia”, tambah Dr Martono.

Sementara itu, Novita, salah satu orangtua murid yang hadir mengikuti acara seminar tersebut mengharapkan pihak sekolah agar dapat lebih sering menghadirkan acara-acara sejenis karena dirasakan sangat bermanfaat .

Seminar Parenting kali ini dibawakan oleh pembicara yang berpengalaman sebagai Guru dan Trainer Pendidikan yaitu Nyoman Sumantra dari Lembaga Pendidikan Sathya Sai Indonesia. Lembaga pendidikan ini berpusat di Bali.

Acara serupa untuk meningkatkan kompetensi guru dan murid akan terus dilaksanakan oleh yayasan pendidikan Budi Utomo Abdi Nusa, dan yang terdekat yaitu seminar Pendidikan dan Training untuk para Guru, yang akan dilaksanakan pertengahan Maret 2019.

Seminar ini di harapkan dapat meningkatkan kompetensi para guru dalam membekali pengetahuan untuk para peserta didiknya.
Turut hadir pada acara tersebut para pembina dan pengurus yayasan, kepala sekolah dan guru-guru sekolah Budi Utomo.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved