Anggota DPRD Siantar Eliakim Terbukti Gunakan Fasilitas Negara untuk Kampanye!

terlapor atau Eliakim secara sah melakukan pelanggaran dengan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye.

Anggota DPRD Siantar Eliakim Terbukti Gunakan Fasilitas Negara untuk Kampanye!
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Eliakim Simanjuntak saat ditemui di kantor Fraksi Demokrat DPRD Siantar, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Siantar menyatakan terlapor Eliakim Simanjuntak calon legislatif (Caleg) Partai Demokrat Nomor Urut 2 Daerah Pemilihan (Dapil) III Kota Siantar terbukti bersalah melanggar peraturan administrasi pemilu.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Siantar Seproandison Saragih dalam sidang sengketa pemilu, Senin (11/3/2019).

Sepriandison yang berperan sebagai Ketua Majelis Hakim memaparkan dasar putusan itu. Ada pun dasar yang disampaikan yakni terlapor atau Eliakim secara sah melakukan pelanggaran dengan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye.

Sepriandison menyatakan Eliakim telah melanggar undang-undang nomor 7 tahun 2007, Peraturan KPU Nomor 33/2018, dan Peraturan KPU Nomor 28 Tahun 2018.

"Menyatakan terlapor secara sah melakukan pelanggaran administrasi,"ujar Sepriandison didampingi Komisioner Bawaslu Junita Lila Sinaga yang juga sebagai anggota majelis hakim.

Sepriandison juga memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan sanksi kepada Eliakim Simanjuntak yang juga anggota DPRD Siantar. Bawaslu memberikan sanksi berupa pelarangan kampanye selama satu kali.

"Memerintahkan KPU untuk memberikan peringatan tertulis ke Eliakim. Memerintahkan KPU untuk tidak mengikutsertakan Eliakim untuk kampanye pada tahapan kampanye untuk satu kali penyebaran,"ujarnya.

Sepriandison juga menyinggung tentang tidak hadirnya Eliakim selama persidangan berlangsung. Katanya, persidangan tetap berjalan walaupun tidak dihadiri terlapor.

"Kepada pelapor dan terlapor yang keberatan dapat mengajukan gugatan ditunggu selama tiga hari,"katanya sembari mengetuk palu.

Seperti diketahui, Eliakim Simanjuntak membagikan amplop berisikan uang dan kartu nama caleg kepada masyarakat saat reses di rumahnya pada 2 Februari 2019. Panitia Pengawas Kecamatan Siantar Timur melaporkan Eliakim menggunakan fasilitas negara demi kepentingan pribadi.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved