Bank Sumut BPD Penyalur KUR Terbesar Kedua di Indonesia

Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) merilis bank-bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) realisasi Tahun 2018

Bank Sumut BPD Penyalur KUR Terbesar Kedua di Indonesia
TRIBUN MEDAN/Risky Cahyadi
Bank Sumut 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) merilis bank-bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) realisasi Tahun 2018 meliputi bank umum dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Dari rilis tersebut, Bank Sumut diketahui berada di posisi kedua terbesar untuk BPD penyalur KUR di Indonesia

Rilis kemenko menyampaikan secara nasional, realisasi penyaluran KUR sebesar Rp 120 triliun atau 97.2 persen dari target nasional.

Adapun Bank terbesar penyalur KUR diduduki Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sementara untuk kategori BPD, realisasi penyaluran terbesar dari BPD Sumbar sebesar Rp 1.02 triliun dan Bank Sumut sebesar Rp 701.6 miliar

Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar, menjelaskan sebagai bank daerah, Bank Sumut berkomitmen memperluas porsi perkreditan yang diarahkan ke sektor-sektor produktif seperti KUR.

"Untuk tahun 2018 realisasi penyaluran KUR sebesar Rp. 701, 6 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 4421 debitur,” jelasnya.

Ia menerangkan, adapun pada Tahun 2019 Bank Sumut menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 1.25 triliun yakni KUR Ritel sebesar Rp.978 milyar dan Diversifikasi produk KUR Mikro sebesar Rp 244.5 miliar.

“Strateginya adalah dengan memaksimalkan penyalurannya pada 135 Unit Kantor dengan memprioritaskan nasabah existing dan memiliki history pembayaran yang baik,” terangnya.

Ia mengatakan, kemudian juga melakukan optimalisasi promosi produk KUR terutama melalui media informasi dan pemberian strategi marketing yang efektif kepada staf pemasaran dan analis di KC dan KCP.(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved