Musrenbang Kota Medan, Wali Kota: Rencana Kerja Insya Allah Terwujud pada 2020

Peran masyarakat cukup antusias dan kita berharap masukan-masukan nanti bisa mengisi rencana pembangunan.

Musrenbang Kota Medan, Wali Kota: Rencana Kerja Insya Allah Terwujud pada 2020
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Wali Kota Medan ditemui pada acara Musrenbang Kota Medan RKPD Tahun 2020 di Hotel Emerald Garden, Senin (11/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2020 dinilai memiliki banyak tantangan oleh Walikota Medan HT Dzulmi Eldin.

Namun, menurutnya, partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan di aplikasi e-musrenbang adalah bukti adanya sinergitas antara pemerintah masyarakat.

Eldin mengatakan masukan-masukan masyarakat selama ini bisa diusulkan untuk menjadi program pemerintah dalam mengisi pembangunan.

"Peran masyarakat cukup antusias dan kita berharap masukan-masukan nanti bisa mengisi rencana pembangunan kita pada tahun 2020 mendatang," ujar Walikota pada acara yang turut dihadiri sejumlah forkopimda Kota Medan dan jajaran Pemko Medan dibawahnya.

Acara yang dihelat di Hotel Emerald Garden, Senin (11/3/2019) siang itu, menurut Eldin adalah buah dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ini adalah RPJMD kita dari tahun 2016 sampai dengan 2018. Insyallah masukkan dari masyarakat pada Musrenbang ini bisa kita masukan pada program kerja," katanya.

Musrenbang yang digelar kali ini rencananya, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Medan akan mengulas masukan-masukan masyarakat yang dilaporkan pada aplikasi Musrenbang di e-planning.pemkomedan.go.id, selama ini, selain mendengarkan paparan kerjae uji rencana pembangunan tahun 2020.

Partisipasi masyarakat dinilai tinggi lantaran usulan masyarakat mengisi pembangunan mencapai 8400-an. Terlebih, dalam aplikasi ini, masyarakat bisa mengawasi usulannya secara real time.

Nantinya, Eldin berharap usulan masyarakat yang direalisasikan Pemerintah Kota Medan dapat dijadikan sebagai suatu komitmen bersama guna mewujudkan cita-cita pembangunan. "Kita bisa mendapatkan suatu komitmen bersama masyarakat, tentunya melaksanakan pembangunan harus ada upaya membangun dan menjaganya," tukas Eldin.

"Insyallah visi-misinya kami pada 2016-2017 bisa terwujud pada 2020 dan yang belum akan satu persatu diwujudkan," pungkasnya.

Adapun fokus Musrenbang Kota Medan di tahun 2020, ditambahkan Wakil Walikota Akhyar Nasution adalah dari bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan kebersihan. Ia menuturkan porsi terbesar adalah pada bidang infrastruktur.

"Infrastruktur ya. Infrastruktur kan gak hanya pembangunan jalanan dan drainase, tapi lain lainnya seperti lampu, sarana prasarana dan taman juga infrastruktur," katanya.

Akhyar berharap peran masyarakat dan media dapat menjadi pilar pengawas Pemko Medan dalam mencapai upaya-upaya yang bahas pada Musrenbang kali ini yang mana, akan menghasilkan formula baru untuk pembangunan Kota Medan pada 2020 mendatang.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved