Pedagang Kaki Lima di Pasar Sidikalang Diminta Tempati Kios Sesuai Kartu Izin Berjualan

lapak pedagang melebar hingga ke badan jalan. Imbasnya, pada jam-jam tertentu, kondisi lalu lintas di seputaran Pasar Sidikalang macet.

Pedagang Kaki Lima di Pasar Sidikalang Diminta Tempati Kios Sesuai Kartu Izin Berjualan
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Situasi salah satu ruas jalan yang berada tepat di sisi Pasar Sidikalang, Senin (11/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Banyaknya pedagang yang di luar areal sekeliling pasar, membuat kondisi Pasar Sidikalang, Dairi, tampak semrawut dan kumuh.

Pantauan Tribun Medan, Senin (11/3/2019), terdapat beberapa lapak pedagang melebar hingga ke badan jalan. Imbasnya, pada jam-jam tertentu, kondisi lalu lintas di seputaran Pasar Sidikalang macet.

Kondisi itu diperparah oleh keberadaan angkot-angkot dalam kota yang berhenti menunggu penumpang di jalan depan pasar.

Selain itu, kondisi jalan di sekeliling Pasar Sidikalang dikotori oleh sampah-sampah, seperti limbah sayur-mayur dan plastik, serta genangan air keruh.

"Sebenarnya kita sudah berulang kali mengimbau para pedagang agar menempati kios sesuai dengan Kartu Ijin Berjualan yang dimiliki mereka. Namun, beginilah. Masih banyak oknum pedagang lebih memilih berjualan di luar pasar," Dirut PD Pasar Kabupaten Dairi Teruna Sembiring saat ditemui di kantornya, Senin (11/3/2019).

Pihaknya, sambung Teruna, juga telah berulang kali memperingati, akan mencabut Kartu Izin Berjualan para oknum pedagang yang berjualan di luar zona pasar.

Para oknum pedagang itu, lanjut Teruna lagi, memilih berjualan di luar zona pasar diduga lantaran merasa dagangannya lebih laris saat berjualan di luar daripada saat di dalam pasar.

Teruna berjanji, dalam waktu dekat ini akan meninjau lokasi pasar sekaligus kembali memperingati para pedagang yang tidak taat aturan.

"Saat ini kan sedang masa transisi (pergantian bupati), kemudian masalah ini juga menyangkut nasib rakyat kecil. Namun begitupun, kami PD Pasar dalam waktu dekat ini akan turun ke pasar untuk menertibkan," pungkasnya.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved