Tanya Kejelasan ASN Korupsi, Pemko Medan akan Kunjungi Pengadilan

Wirya menuturkan bahwa proses pemecatan ASN yang melakukan tindak pidana korupsi agar segera dilaksanakan sesuai Permen Mendagri.

Tanya Kejelasan ASN Korupsi, Pemko Medan akan Kunjungi Pengadilan
TRIBUN MEDAN/LISKA RAHAYU
Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman ditemui Balai Kota, Selasa (18/12/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekda Kota Medan Wirya Alrahman mengaku Pemko Medan hingga kini sudah memecat belasan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Hal itu dikatakan Wirya saat dihubungi Tribun Medan, Selasa (12/3/2019) Sore.

Wirya mengatakan tak mengetahui secara pasti nama-nama belasan ASN yang sudah dipecat.

"Sekarang sudah 14 atau 16 orang. Sekira segitulah, coba tanya BKD biar lebih jelas," ujar Wirya.

Ia menambahkan bahwa belasan PNS tersebut dipecat setelah Pemko Medan mendapatkan salinan putusan resmi dari Pengadilan Negeri Medan yang sudah berkekuatan hukum tetap (incracht).

Wirya menuturkan bahwa proses pemecatan ASN yang melakukan tindak pidana korupsi agar segera dilaksanakan sesuai Permen Mendagri yang baru digodok tetap harus berdasarkan kepastian hukum.

"Memang sudah ada perintah. Tapi memang kita harus menunggu salinan resmi dulu, dan ini yang membutuhkan waktu. Kan banyak ASN yang didakwa korupsi tapi masih melakukan upaya hukum lain," cetusnya.

Setali tiga uang dengan keterangan Sekda, Kepala BKD Muslim Harahap mengatakan pihaknya akan sesegera mungkin menyambangi Pengadilan Tipikor Medan guna meminta kejelasan status hukum ASN yang didakwa korupsi.

Muslim berencana akan mengunjungi PN dalam waktu dekat untuk sesegera mungkin melakukan penindakan.

"Ini segera kami akan minta salinan putusan resmi yang telah berkekuatan hukum ke Pengadilan. Akan kita minta ASN mana yang sudah berkekuatan hukum terap," cetusnya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved