Begini Kiat Berbisnis Konveksi Ala Anak Muda

Pada musim politik seperti ini, usaha konveksi bisa dibanjiri banyak permintaan seperti membuat kaos, seragam dan sebagainya.

Begini Kiat Berbisnis Konveksi Ala Anak Muda
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Muhammad Singgit Suharto dan Muhammad Ilham selaku pemilik CV Omera Konveksi. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Di berbagai musim usaha konveksi bisa menjadi usaha yang mengiurkan. Seragam misalanya, berbagai komunitas dan organisasi membutuhkannya.

Apalagi pada musim politik seperti ini, usaha konveksi bisa dibanjiri banyak permintaan seperti membuat kaos, seragam dan sebagainya. Salah satu usaha konveksi di Kota Medan adalah CV Omera Konveksi.

Usaha yang dirintis anak-anak muda ini bermula karena seringnya mereka mengikuti organisasi. Di sana mereka melihat peluang bisnis atas kabutuhan organisasi yang lumayan banyak. Mereka adalah Muhammad Singgit Suharto, Muhammad Ilham, dan Ahmad Richdian Surya Negara Pulungan.

"Suatu waktu, saya ada kegiatan relawan bersama Ilham, jadi saya sharing sama dia bahwa usaha konveksi itu cukup bagus, di situ kami punya visi yang sama. Karena saya punya sumber informasi yang bagus juga, kami putuskan untuk buka usaha konveksi ini," kata Sigit.

Kata Omera diambil dari bahasa arab yang berarti inspirasi. Nama ini dipilih dengan harapan agar usaha ini bisa menginspirasi semua orang terutama diri mereka sendiri yang masih muda agar terus berusaha sehingga semakin hari usaha mereka semakin besar.

Modal awal untuk usaha konveksi ini sekitar Rp 50 juta. Kata Sigit, yang paling mahal adalah membeli perlengkapan dan Sumber Daya Manusia seperti pekerja.

"Modal awal konveksi memang cenderung mahal. Karena kalau ada pesanan, pelanggan biasanya hanya memberi uang muka 50 persen, kalau pesanan sudah selasai, pelanggan baru membayar lunas. Paling enggak kan kita harus punya modal untuk medahulukan yang 50 persennya. Semakin banyak kerjaan kita, semakin banyak juga modal yang harus kita sediakan," ujarnya.

Usaha ini sudah berjalanan setahun belakangan. Awalnya mereka memang sebagai penyuplai baju gerak jalan. "Jadi belum membuat barang, hanya menyuplai saja," kata Ilham saat ditemui di CV Omera Konveksi yang beralamat di Jalan Pancasila Nomor 70 C Kecamatan Medan Denai.

"Minimal pemesanannya satu lusin. Kami di sini menyediakan seragam dalam bentuk kemeja, kaos, dan sebagainya. Saat ini kami masih memiliki karyawan 4 orang. Kami memproduksi baju, desain sablon, hingga menyablon di tempat ini," ujarnya

Diakui Sigit, usaha konveksi di Kota Medan ini masih bagus. Sigit merasa kemajuan usaha konveksi di Medan ini juga membutuhkan bantuan dari pemerintah dan perlu mengubah mindset orang-orang.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved