Logistik Pemilu Berupa 1.413 Kotak Berisi Surat Suara Tiba di Kabupaten Asahan

Komisi Pemilihan Umum Daerah Asahan pada Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB menerima ribuan kotak berisi surat suara

Logistik Pemilu Berupa 1.413 Kotak Berisi Surat Suara Tiba di Kabupaten Asahan
TRBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Sejumlah petugas hendak menurunkan ribuan kotak berisi surat suara dari atas sebuah truk kontainer ke dalam gudang penyimpanan KPUD Asahan yang berada di Jalan Lintas Sumatera, Kisaran pada Rabu (13/3/2019) malam. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Asahan pada Rabu (13/3/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB menerima ribuan kotak yang berisi surat suara untuk DPR RI Dapil III Sumut serta DPRD Kabupaten Asahan Dapil I dan Dapil II.

Ketua KPUD Asahan, Hidayat menjelaskan total kotak surat suara yang diterima sebanyak 1.413 kotak dengan rincian 1.054 merupakan kotak berisi surat suara DPR RI Dapil III Sumut.

Sedangkan sisanya yaitu 188 kotak berisi surat suara untuk DPRD Kabupaten Asahan Dapil I dan 171 kotak berisi surat suara untuk DPRD Kabupaten Asahan Dapil II.

"Diperkirakan Jumat (15/3/2019) besok bakal masuk kotak berisi surat suara untuk DPRD Kabupaten Asahan yang meliputi lima dapil lainnya. Dan akan disusul dengan surat suara DPD RI dan surat suara pasangan calon presiden/wakil presiden," kata Hidayat, Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut Hidayat merinci jumlah surat suara yang KPUD Asahan terima yaitu DPR RI Dapil III Sumut sebanyak 526.573 lembar. Sedangkan surat suara untuk DPRD Kabupaten Asahan Dapil I sebanyak 93.523 lembar.

"Untuk Dapil II DPRD Kabupaten Asahan jumlah surat suara yang diterima sebanyak 85.333 lembar," ungkapnya.

Ia memastikan jumlah surat suara yang diterima itu telah ditambah dengan kebutuhan surat suara cadangan, sebanyak dua persen dari daftar pemilih tetap (DPT) di setiap TPS.

Selanjutnya seluruh surat suara itu akan diperiksa dengan cara menyortir. Hal itu dilakukan untuk mengecek apabila nantinya surat suara yang diterima ada yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, seluruh kotak yang berisi surat suara Pemilu 2019 kini tersimpan di salah satu gudang yang berada di Jalan Lintas Sumatera dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved