Sidang Penyampaian Hasil Reses DPRD Dairi, Ini Keluh-Kesah Anggota Dewan di Dapil

Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Sudung Ujung menerima hasil reses anggota DPRD Dairi dalam sidang paripurna yang digelar

Sidang Penyampaian Hasil Reses DPRD Dairi, Ini Keluh-Kesah Anggota Dewan di Dapil
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Sidang paripurna tentang penyampaian hasil reses DPRD Dairi tahun 2019 berlangsung, Kamis (14/3/2019). (TRIBUN MEDAN / DOHU LASE) 

Sidang Penyampaian Hasil Reses DPRD Dairi, Bupati Tak Hadir

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Sudung Ujung menerima hasil reses anggota DPRD Dairi dalam sidang paripurna yang digelar pada Kamis (14/3/2019) siang.

Sidang paripurna ini dihadiri oleh 19 orang anggota DPRD. Beberapa poin penting hasil reses yang disampaikan antara lain aspirasi terkait pengadaan infrastruktur, pengentasan kemiskinan, dan persoalan rekrutmen perangkat desa.

Wakil Ketua DPRD Dairi Benpa Hisar Nababan dalam sidang menyampaikan usulan pelaksanaan rekrutmen aparat desa oleh pemerintah kecamatan harus ditunda sampai masa Pemilu 2019 selesai.

"Kita banyak terima aduan dari masyarakat bahwa pada perekrutan aparat desa ini banyak terjadi penyelewengan. Bahkan ada kandidat menjadi tim sukses caleg. Saya kira ini mengganggu pemilu. Jadi, kalau bisa, kita putuskan sikap kita di sidang hari ini untuk menunda sementara perekrutan aparat desa," ujar Benpa.

Menanggapi usulan itu, Wakil Ketua DPRD Togar Pasaribu yang juga selaku pimpinan sidang menawarkan, agar terlebih dahulu digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP).

"Kita melalui Komisi A akan gelar RDP dahulu. Nanti kesimpulannya bagaimana, baru kita paripurnakan," ucap Togar.

Beberapa aspirasi lainnya, antara lain pemindahan rumah potong hewan dan penertiban peternakan babi yang ada di tengah pemukiman masyarakat mayoritas muslim.

Selanjutnya, Asisten Bupati (Asbup) di akhir sidang mengatakan, hasil reses yang diterima pihaknya akan dipelajari dan kemudian diserahkan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk dijadikan acuan dalam menyusun musrenbang mendatang.

Namun di samping itu, kata Asbup, setiap anggota dewan juga boleh mengisikan sendiri aspirasi yang didapat saat reses pada aplikasi E-Planning Kabupaten Dairi.

"Saat ini setiap anggota DPRD dapat meng-entry sendiri aspirasi yang didapat pada e-perencanaan kita, karena password sudah kita berikan kepada bapak/ibu sekalian," ujar Asbup. 

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved