Tak Ada CCTV, Area Parkir Sepeda Motor di Bandara Kualanamu Rawan Pencurian

Sebenarnya masalah ini sudah pernah mereka laporkan ke AP II namun belum ada tindaklanjut.

Tak Ada CCTV, Area Parkir Sepeda Motor di Bandara Kualanamu Rawan Pencurian
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Area parkir sepeda motor di Bandara Kualanamu yang berada di bawah fly over. 

TRIBUN-MEDAN.com- Hingga saat ini area parkiran empat sepeda motor yang ada di Bandara Kualanamu belum juga dipasangi Closed-Circuit Television (CCTV).

Sejak area parkir sepeda motor dipindahkan ke area bawah fly over pada akhir tahun lalu hingga kini pengawasan terhadap ribuan sepeda motor yang setiap harinya masuk ke area ini masih dilakukan secara manual oleh petugas.

Informasi yang dihimpun dampak dari kondisi ini beberapa kali aksi pencurian pun terjadi di area parkir dan tidak diketahui siapa pelakunya.

PT Angkasa Pura Solusi (APS) selaku pihak yang menangani persoalan parkir di Bandara Kualanamu menyebut kalau ini sebenarnya menjadi tanggung jawab dari PT Angkasa Pura II.

Hal ini pun dibenarkan oleh Manager Parkir PT APS, Gaza Sinaga.

Ia menyebut kalau sebenarnya masalah ini sudah pernah mereka laporkan ke AP II namun belum ada tindaklanjut.

"Sudah kita mohonnya sebenarnya sama AP II. Iya memang benar belum ada CCTV nya di bawah fly over A dan B yang untuk sepeda motor. Ya mungkin (mengapa belum ditindaklanjuti) ini terkait anggaran mereka ini. Ya mungkin tahun depan dipasang. Yang jelas ini ranahnya AP II lah ini,"ujar Gaza Sinaga Kamis, (14/3/2019).

Ia menjelaskan khusus untuk area parkir mobil pada saat ini sudah dipasangi CCTV baik di bagian A dan B.

Ia menyebut tidak mungkin lokasi area parkir sepeda motor dipindahkan kembali ketempat semula yang sekarang ada CCTV nya karena memang permintaan agar area parkir sepeda motor dipindahkan ke bawah fly over adalah permintaan AP II sendiri.

Pemindahan area parkir katanya sengaja dilakukan mengingat jumlah kendaraan yang masuk ke bandara memang sudah semakin meningkat.

"Kalau fasilitas tinggal yang untuk parkir sepeda motor saja ini yang belum. Kalau untuk jumlah ya ada juga ribuan sepeda motor yang setiap harinya masuk. Kalau yang untuk mobil baru juga itu dipasangi CCTV tapi sudah semuanya,"kata Gaza.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto yang dikonfirmasi mengakui bahwa hingga kini area parkir sepeda motor belum dipasangi CCTV.

Ia juga menyadari bahwasanya CCTV yang ada di area parkir mobil tidak dapat menjangkau situasi yang ada di area parkir sepeda motor di bawah fly over. Atas kondisi ini ia berjanji kalau AP II akan lakukan pengkajian selanjutnya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak pernah terjadi.

"Ya memang setuju saya lebih baik dipasang CCTV untuk mengurangi rawannya aksi pencuria. Sebenarnya ini harusnya APS sebagai anak perusahaan yang membidangi bagian perparkiran. Mereka juga itukan membidangi mengenai IT di bandara. Tapi kita juga enggak usah saling menyalahkan lah karena APS jugakan anak perusahaan AP II. Intinya akan kita pikirkan dan kaji masalah ini," kata Wisnu.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved