Tim Densus 88 Tangkap Lima Teroris di Sumut, Satu di Antaranya Calon Istri Kedua Abu Hamzah

"Kelima ini ditangkap terkait bom di Sibolga," kata Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto.

Tim Densus 88 Tangkap Lima Teroris di Sumut, Satu di Antaranya Calon Istri Kedua Abu Hamzah
TRIBUN MEDAN/SOFYAN AKBAR
Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto saat melihat Disposal di Rindu Alam, Kamis (14/3/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Tim Densus 88 mengamankan 5 terduga teroris yang berasal dari beberapa kabupaten kota yang ada di Provinsi Sumut.

"Kelima ini ditangkap terkait bom di Sibolga," kata Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Kamis (14/3/2019).

Kelima tersangka dugaan teroris itu masing-masing Husein alias Abu Hamzah alias Upang, AK alias Ameng alias Abu Halimah (istri Abu Hamzah), ZP alias Ogek Zul, R dari Tanjungbalai dan M diamankan di Tapteng.

Jadi, kata orang nomor satu di Polda Sumut ini, selain menangkap terduga teroris di Sibolga, tim densus 88 juga menangkap teroris di Tanjungbalai dan di Tapanuli Tengah (Tapteng).

"Kalau yang di Tanjungbalai, dugaan terorisnya adalah R yang juga calon istri kedua dari Abu Hamzah. Sedangkan di Tapteng, tim densus 88 mengamankan seorang pria,"ujarnya.

"Jadi yang ditangkap di Tanjungbalai cuma satu. M ditangkap di Tapteng," jelasnya seraya mengatakan sedangkan yang tiga lagi adalah Abu Hamzah, Abu Halimah dan Ogek Zul.

Abu Hamzah, kata Kapolda masih diamankan di Polres Sibolga, Abu Halimah (Istri Abu Hamzah) sudah meninggal dunia karena bom bunuh diri, sedangkan Ogek Zul adalah orang yang menjaga bahan ledakan di rumahnya yang berada di jalan Kutilang, Kota Sibolga.

Pria dengan bintang dua dipundaknya ini menyatakan keterlibatan R dalam bom Sibolga karena yang bersangkutan sebagai calon istri kedua Abu Hamzah, juga R mengetahui pembelian bahan untuk pembuatan bom.

R sendiri, sambung Agus, merupakan istri dari Hendri Syahli Manurung (27) warga Tanjungbalai, yang merupakan satu anggota teroris jaringan JAD kelompok Syaiful yang ditembak mati oleh Densus 88 Mabes Polri pada Oktober 2018 lalu.

Pantauan lokasi kejadian yaitu di jalan Cendrawasih, Kota Sibolga pihak kepolisian masih berjaga-jaga disekitar lokasi.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved