Dishub Benarkan Ada Kawasan-kawasan Tertentu di Medan Dikutip Parkir 24 Jam

Pada badge name juru parkir (jukir), tertera wilayah dan jam berapa operasional pengutipan diberlakukan.

Dishub Benarkan Ada Kawasan-kawasan Tertentu di Medan Dikutip Parkir 24 Jam
Tribun Medan / Tommy
Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat membenarkan adanya kutipan parkir terhadap sejumlah kawasan di Kota Medan selama 24 penuh. Hal itu dilakukan mengingat potensi kawasan tersebut, dinilai Dishub dapat menghasilkan retribusi untuk Penghasilan Asli Daerah.

Namun, Renward mengatakan kawasan yang dilakukan penerapan parkir melewati Pukul 24.00 WIB tak banyak. Kawasan yang dipilih dilakukan pengutipan umumnya adalah lokasi yang ramai pada malam hari.

"Ada beberapa. Contohnya seperti lokasi-lokasi yang masih ramai sampai tengah malam itu kita kutip. Seperti di kawasan Merdeka Walk, dan lain-lain, tapi nanti bisa kita lihat di kantor," ujarnya ditemui seusai salat Jumat, (15/3/2019).

Rendward mengatakan tarif parkir yang diterapkan pada malam hari sama harganya dengan jam kerja pada umumnya.

Untuk melihat apakah kawasan tersebut dikenakan parkir saat tengah malam atau tidak, ia mengatakan bahwa para pengendara bisa mengecek sendiri.

Orang nomor satu di Dinas Perhubungan ini menyarankan, agar tidak menjadi keributan, Pengendara bisa mengecek badge name juru parkir. Pada badge name juru parkir (jukir), tertera wilayah dan jam berapa operasional pengutipan diberlakukan.

"Sebenarnya kalau mau ngecek itu gampang. Pengendara bisa minta juru parkir memperlihatkan badge name-nya. Disitu jelas semua. Kemudian minta karcis parkir, biar gak ragu membayarnya" tegasnya.

Namun lanjutnya, jika juru parkir yang ditemui tak mengenakan seragam dan id card, Rendward meminta agar juru parkir difoto dan dilaporkan ke pihak Dinas Perhubungan Kota Medan.

"Memang kita akui ada beberapa juru parkir ini nakal juga, gak pakai seragam dan badge dan bahkan gak ngasih karcis. Kalau ini gak usah dibayar," katanya

Rendward mengaku hingga kini masih ada jukir jukir yang nakal. Namun ia berjanji masih akan melakukan penindakan terhadap jukir resmi bahkan juru parkir gadungan, lantaran saat ini Dishub sudah bisa melihat video Area Traffic Control System (ATCS) Pemko Medan untuk memantau ketertiban jalanan.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved