Progres Pembangunan Tol Medan-Binjai Sisa 2 Kilometer

Hingga saat ini, baru dua dari tiga seksi jalan tol yang sudah selesai dilaksanakan dan digunakan.

Progres Pembangunan Tol Medan-Binjai Sisa 2 Kilometer
TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
TOL MEDAN-BINJAI - Kendaraan melintas di lokasi proyek pembangunan pintu masuk jalan tol Medan-Binjai, Sumut, beberapa waktu lalu. Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 16,8 km yang menghubungkan Kota Medan dan Binjai dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera ini rampung pada akhir 2017. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Proses pembangunan jalan tol ruas Medan menuju Binjai masih dalam pengerjaan. Sampai saat ini, sisa ruas tol yang belum dibangun sekitar 2 kilometer.

Pembebasan lahan menjadi salah satu faktor yang membuat pengerjaan tol berjarak total 16.72 kilometer tersebut masih belum selesai.

Hingga saat ini, baru dua dari tiga seksi jalan tol yang sudah selesai dilaksanakan dan digunakan. Tinggal seksi 1 dari Tanjung Mulia menuju Helvetia.

Kepala Proyek Hutama Karya Ruas Medan-Binjai, Hestu Budi Husodo mengatakan yang masih belum mulai kontruksi sekitar 2 kilometer dari Pematangpasir menuju Simpang Susun Balmera di Tanjung Mulia.

"Seksi 1 total panjang ruas tol adalah 6.27 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 4 kilometer sudah dalam proses konstruksi. Progres pengerjaannya sendiri sudah mencapai 85 persen," kata Budi, Jumat (15/3/2019).

Budi menambahkan untuk di 2 kilometer akhir, proses pembebasan lahan menjadi kendala utama sehingga proses konstruksi belum dimulai. Karena masyarakat saling mengklaim sebagai pemilik lahan.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa saat ini proses kepemilikan lahan sudah mulai menemui titik terang. Dana talangan dari pengembang sudah ditransfer ke bank penerima. Nantinya, setelah proses penelitian melalui data-data kepemilikan lahan selesai, dana ganti rugi akan segera dibayarkan kepada masyarakat.

Usai proses pembayaran selesai, sambung Budi pengerjaan konstruksi akan segera dilanjutkan. Mereka sudah standby menunggu proses pembayaran ganti rugi selesai.

"Setelah itu, kami akan segera melakukan proses pembangunan dan akan berupaya maksimal untuk segera mungkin selesai,” ujar Budi.

Masih kata Budi, ruas Tol Medan-Binjai merupakan salah satu sektor dari Jalan Tol Sumatera. Ruas tol terbagi tiga seksi, yaitu seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia sepanjang 6.27 kilometer yang sampai saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Kemudian, seksi 2 Helvetia-Sei Semayang sepanjang 6.175 kilometer dan Seksi 3 Sei Semayang-Binjai sepanjang 4.275 kilometer.

"Khusus seksi 2 dan 3 sudah selesai dikerjakan dan sudah beroperasi sejak Oktober 2017 lalu," pungkas Budi.

(mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved