Rumah Sakit USU Tambah Mesin Cuci Darah Khusus Anak serta Penderita Gagal Ginjal

Direktur Utama RS USU diwakili dr Riyadh Ikhsan, mengatakan, saat ini telah tersedia sebanyak 20 mesin cuci darah di RS USU.

Rumah Sakit USU Tambah Mesin Cuci Darah Khusus Anak serta Penderita Gagal Ginjal
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Presentasi acara ceramah awam untuk mengedukasi masyarakat dan penderita gagal ginjal pentingnya menjaga kesehatan ginjal yang diadakan Rumah Sakit USU. 

TRIBUN-MEDAN.com-Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) berencana di tahun 2019 ini akan menambah unit mesin cuci darah.

Direktur Utama RS USU diwakili dr Riyadh Ikhsan, mengatakan, saat ini telah tersedia sebanyak 20 mesin cuci darah di RS USU.

“Direncanankan juga RS USU menambah unit hemodialisis khusus anak serta unit isolasi bagi penderita gagal ginjal,” ujarnya, Jumat (15/3/2019).

Ia menjelaskan, selain itu Unit Hemodialisis RS USU juga akan dijadikan sebagai salah satu pusat pelatihan hemodialisa di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

“Oleh karena itu, dibutuhkan mesin hemodalisis yang lebih banyak dengan berbagai macam merek sehingga para staf dalam mengikuti pelatihan sudah terbiasa menggunakan mesin cuci darah dari berbagai merek yang dilengkapi fasilitasnya,” jelasnya.

Anjing Ini Ditugaskan Jaga Anak Tuannya saat Kerjakan PR, Lihat Aksinya!

Topan Pun Tak Mampu Merusak Gaya Rambut Ilmuwan Paruh Baya Ini, Berdandan 2 Jam demi Menarik Wanita

Detik-detik Mesjid Diberondong Tembakan saat Sholat Jumat, Pelaku Berseragam Tentara, Ini Videonya

Kemudian, dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia, tanggal 14 Maret kemarin, Unit Hemodialisis RS USU menggelar ceramah awam untuk mengedukasi masyarakat dan penderita gagal ginjal pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Kepala Unit Hemodialisa RS USU dr.Riri Andri Muzasti mengatakan, ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting dan harus dijaga.

Polisi Berbadan Gemuk Disiksa di Sebuah Camp dan Dibebaskan setelah Berbadan Kurus

Jokowi. . Jokowi, Menggema saat Presiden Kunjungi Onan Raja Balige, TONTON VIDEONYA. .

KPK Tangkap Tangan Ketum PPP Rommy, Ferdinand: Si Tukang Revisi Doa Menerima Ganjarannya

“Fungsi ginjal menyaring dan mengeluarkan sisa racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni,mengatur keseimbangan air dan elektrolit dan juga asam basa di dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang berfungsi membentuk sel darah merah,memproduksi vitamin D dan mengatur tekanan darah,” jelasnya.

Ia berharap pemerintah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional bisa mengcafer biaya pengobatan bagi penderita gagal ginjal tidak hanya untuk biaya cuci darah tetapi juga biaya obat-obatan untuk mendukung kualitas hidup penderita gagal ginjal lebih baik.

Jokowi dan Iriana Beli Bawang di Pasar Onan Raja Balige, Para Pedagang Berlomba Tawarkan Dagangan

Masjid Al Noor Selandia Baru Ditembaki saat Salat Jumat, Sejumlah Orang Tewas

VIDEO: Presiden Jokowi Joget hingga Edy Rahmayadi Tersenyum saat Bertemu Warga Balige

“Selama ini biaya untuk hemodialis sudah ditanggung oleh BPJS namun untuk biaya obat-obatan guna mendukung kualitas hidup penderita gagal ginjal seperti kesehatan tulang , dan kebutuhan gizi belum tercafer BPJS,” terangnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved