Banyak Murid Harus Tempuh Perjalanan Jauh ke Sekolah, Pemkab Labusel Selayaknya Siapkan Bus

selain menggunakan dana APBD, pengadaan bus-bus tersebut dapat bekerja sama dengan perusahaan perkebunan dan pabrik

Banyak Murid Harus Tempuh Perjalanan Jauh ke Sekolah, Pemkab Labusel Selayaknya Siapkan Bus
TRIBUN MEDAN/HO
Ketua Umum PB Ikatan Keluarga Labuhanbatu Selatan (PB Iklas) Rivai Nasution (kanan) menunjukkan kondisi jalan yang kupak-kapik di beberapa ruas jalan di Labusel, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemkab Labusel harus mulai memikirkan penyediaan sarana bus sekolah untuk mengangkut siswa pergi dan pulang sekolah.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PB-Iklas Sumut, Rivai Nasution disela-sela kunjungan di Kab. Labusel, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bus sekolah perlu disediakan, untuk menjamin keselamatan siswa.

Dikatakan, sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya perkebunan kelapa sawit dan karet, banyak siswa harus menempuh perjalanan jauh ke sekolah.

Menurutnya, sebagian besar siswa terpaksa menggunakan sepeda motor atau diantar-jemput orangtua, dengan besarnya risiko menjadi korban kejahatan seperti begal maupun kecelakaan di jalan.

“Saya kalau pulang ke Kab. Labusel kadang melihat anak-anak yang naik sepeda motor dipepet bus atau truk. Ini sangat membahayakan. Belum lagi mereka ini rawan menjadi korban kejahatan,” katanya.

Semestinya kata dia, Pemkab sudah harus menyediakan transportasi aman, khusus untuk anak sekolah. Menurutnya, selain memberikan rasa aman terhadap siswa, keberadaan bus sekolah juga menghilangkan kekhawatiran terhadap orang tua.

“Kalau ada bus sekolah yang aman juga dapat meringankan beban orangtua sehingga tidak usah menjemput dan mengantar anak sekolah, apa lagi sampai harus memberikan sepeda motor. Bukan hanya anak SMA, bahkan anak SD ada yang bawa sepeda motor,’’ katanya.

Diakuinya, untuk menyediakan bus sekolah dibutuhkan kemauan dari Pemkab dan didukung oleh DPRD.

Menurutnya, selain menggunakan dana APBD, pengadaan bus-bus tersebut dapat bekerja sama dengan perusahaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang ada di Kab. Labusel.

“Keberadaan bus sekolah tersebut sangat urgen untuk segera disediakan. Menggunakan bus sekolah jauh lebih aman jika dibandingkan apabila anak harus naik sepeda motor,” katanya.

(*/tribun-medan.com)

Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved