Jaring Partisipasi Kaum Millenial, KPUD Karo Gelar Konser Musik

Jadi selain hiburan, dari acara ini tentu kita berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Jaring Partisipasi Kaum Millenial, KPUD Karo Gelar Konser Musik
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Komisioner KPUD Karo, bersama Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, dan SKPD Karo membuka Konser Musik yang digelar oleh KPUD Karo, di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Minggu (17/3/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, nampaknya semakin digeber.

Diketahui, kalangan yang saat ini telah gencar-gencarnya diberikan sosialisasi adalah para pemilih pemula atau kaum millenial.

Menanggapi pentingnya peran pemilih muda pada Pemilu kali ini, dimanfaatkan jelas oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karo. Sebagai ajang meraup simpati dari generasi muda, KPUD Karo menggelar kegiatan konser musik, di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Minggu (17/3/2019).

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu ajang sosialisasi Pemilu bagi masyarakat.

Dirinya menyebutkan, sosialisasi ini memang ditujukan untuk peningkatan jumlah pemilih pada Pemilu mendatang. Hal ini sesuai dengan tugas KPU untuk semakin meningkatkan pemilih.

"Jadi selain hiburan, dari acara ini tentu kita berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Memang kita lihat seluruh kalangan yang datang ke sini, tapi tujuan kita kaum muda yang memang lebih bereaksi saat kita menawarkan sesuatu hal yang baru," ujar Gemar.

Gemar mengatakan, target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 ini dari KPU RI mencapai angka 78,5 persen. Untuk itu, dirinya mengatakan sosialisasi masih terus perlu dilakukan, seperti kegiatan yang mereka gelar ini. Dirinya mengaku, untuk bisa sampai target yang ditetapkan KPU, pihaknya juga membutuhkan bantuan dan dorongan dari masyarakat.

"Kalau target dari KPU RI pada Pemilu tahun ini 78,5 persen, jadi kita harus sama-sama mendukung agar Pemilu ini bisa sukses dan masyarakat aktif dan mau hadir ke TPS," katanya.

Dirinya mengungkapkan, nantinya pihaknya juga masih akan mengadakan kegiatan yang ditujukan sebagai sosialisasi. Dalam waktu dekat, akan diselenggarakan kampanye akbar mulai tanggal 24 Maret hingga 13 april. Selain itu, juga akan digelar KPU run atau jalan santai bersama KPU yang digelar pada tanggal 7 April

"Nanti pada awal kampanye tanggal 24 diisi dengan konvoi di tiga daerah pemilihan. Adapun rute yang akan dijalani, mulai dari lapangan Samura Kabanjahe, kemudian ke berastagi, selanjutnya Kecamatan Barus Jahe," ucapnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, yang diwakili oleh Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, mengatakan partisipasi pemilih yang tinggi merupakan poin penting dalam Pemilu. Dirinya juga mengungkapkan, terlebih partisipasi dari generasi muda sangat penting, karena merupakan penerus bangsa.

"Mari kita buktikan jika kita bisa menjadi pilar politik dan dapat mewujudkan Pemilu damai para 17 April mendatang," ucapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama datang ke TPS. Cory menyebutkan, walaupun pilihannya berbeda namun tujuan dari Pemilu adalah satu kepastian.

Yaitu untuk mencari pemimpin yang adil, dan bijaksana, serta dapat membawa perubahan yang lebih balik bagai kelangsungan kehidupan di masyarakat. Dirinya juga berharap, dengan hadirnya Pemilu tidak justru membuat masyarakat terpecah dan saling bersinggungan.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved